Gaji Fantastis, No Prestasi

Jum'at, 31 Juli 2015 - 08:27 WIB
Gaji Fantastis, No Prestasi
Gaji Fantastis, No Prestasi
A A A
Emmanuel Adebayor punya catatan fantastis soal hitunghitungan pendapatan selama berkarier di Kompetisi Liga Primer Inggris.

Genap 10 tahun berkarier di tiga klub berbeda, seperti Arsenal, Manchester City (Man City), dan Tottenham Hotspur, striker berkebangsaan Togo itu sukses mengumpulkan uang sebanyak 50 juta pounds. Adebayor sempat berlabel penyerang mumpuni sejak mengawali karier Liga Primer saat diboyong The Gunners, julukan Arsenal, dari AS Monaco pada 2006.

Predikat itu tak lepas dari kontribusi Adebayor saat membawa Monaco menembus final Liga Champions 2003/2004. Menurut catatan yang dilansir Daily Mail, Adebayor mendapat gaji 40.000 pounds per pekan selama tiga tahun pertama membela Arsenal. Jumlah itu meningkat pada tahun keempat saat penyerang bernama lengkap Sheyl Emmanuel Adebayor itu masih membela The Gunners .

Manajemen Arsenal menaikkan gaji Adebayor menjadi 80.000 pounds per pekan selama satu tahun atau bisa dibilang naik 100%. Kenaikan gaji Adebayor nyatanya tidak membuat penyerang yang kini berusia 31 tahun itu setia. Mungkin itu juga yang membuat fans klub yang bermarkas di Emirates Stadium ini geram. Mereka bahkan tidak sungkan menjuluki pemain kelahiran Lome, Togo, itu sebagai mata duitan.

Hengkang dari Arsenal, Man City menjadi pelabuhan Adebayor selanjutnya. Klub yang saat itu sedang jorjoran dalam belanja pemain menggaji Adebayor 140.000 pounds per pekan. Bersama The Citizens , julukan Man City, hitungan gaji tersebut dipotong selama empat bulan masa peminjaman Adebayor ke klub raksasa Spanyol Real Madrid.

Empat tahun menerima gaji dari Man City, Adebayor menjadi pemain yang dipermanenkan Tottenham, meski sempat menjalani masa peminjaman di klub berjuluk The Lilywhites itu sebelumnya. Hitunganhitungan bersama Tottenham dari periode 2012 sampai 2015, Adebayor mendapat gaji 100.000 pounds per pekan. Ditambah 40.000 pounds per pekan selama dua tahun masa pinjaman.

Dari hitung-hitungan tersebut, Adebayor mendapat total gaji senilai 10,4 juta pounds saat membela Arsenal. Sementara di Man City, pendapatan Adebayor sebesar 19,6 juta pounds, ditambah total 19,7 juta pounds saat membela Tottenham. Jumlah itu belum akan berhenti tentunya, karena tersiar kabar Aston Villa menginginkan jasa Adebayor.

“Villa akan mengambil keputusan soal keinginan mereka meminjam Adebayor dari Tottenham. Mereka (Villa) malah akan mengambil kesepakatan membayarnya sebesar 100.000 pounds per pekan,” tulis Daily Mail.

Namun, yang jadi miris, Adebayor belum pernah membawa satu pun klub Liga Primer yang dibelanya meraih trofi juara dengan gaji sebesar itu, baik bersama Arsenal, Man City, dan Tottentam. Satu-satunya gelar yang disumbangkan Adebayor adalah trofi Copa del Rey bersama Madrid pada musim 2010/2011.

Decky Irawan jasri
LONDON
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0496 seconds (0.1#10.140)