Nuno Espirito Santo, Pelatih Debutan Penuh Kejutan

Kamis, 20 Agustus 2015 - 15:15 WIB
Nuno Espirito Santo, Pelatih Debutan Penuh Kejutan
Nuno Espirito Santo, Pelatih Debutan Penuh Kejutan
A A A
VALENCIA - Nama Nuno Espirito Santo mungkin jarang terdengar di telinga sebagian pecinta sepak bola di Indonesia. Namun pelatih asal Porugal ini adalah sosok utama dalam peningkatan kualitas Valencia di kancah La Liga maupun Eropa.

Meski Valencia merupakan klub kedua yang dilatihnya, namun Nuno berhasil menunjukan kualitasnya sebagai salah satu calon pelatih terbaik dunia. Buktinya, sejak dipercaya untuk menukangi Valencia di awal musim 2014 silam, Nuno berhasil membuat tim besutannya hanya merasakan enam kekalahan dari 37 pertandingan. Hal tersebut jelas menjadi catatan luar biasa bagi seorang mantan penjaga gawang yang baru memulai karir kepelatihan di tahun 2012 silam. Dan perlu diingat sebagai catatan, Nuno sebelumnya sama sekali belum pernah menukangi tim yang bermain di kompetisi Liga Utama maupun level Eropa.

Di pentas La Liga, Nuno bisa dibilang berhasil menjadi salah satu pelatih dengan performa paling mengejutkan. Dengan tanpa nama bintang besar di skuat utamanya, Nuno buktinya berhasil membuat Valencia tak pernah sekalipun merasakan kekalahan saat berhadapan dengan dua klub raksasa Ibu Kota (Real Madrid & Athletico Madrid).

Tidak hanya itu, Nuno juga berhasil membuat Valencia memiliki catatan lebih baik dari Athletico maupun El Real di kancah La Liga. Dalam jumlah produktifitas, Valencia berhasil mengungguli Athletico dengan total torehan 70 gol. Sedangkan soal pertahanan, Valencia berhasil mengungguli Real Madrid dengan hanya menelan 32 gol di sepanjang musim 2014/2015.

Tidak hanya di La Liga, kini Nuno juga berkesampatan mencatatkan sejarah di kancah Eropa. Setelah berhasil menumbangkan AS Monaco di babak play off Liga Champions Eropa, Nuno hanya butuh hasil imbang untuk membuat Valencia menjadi klub asal Spanyol kelima yang akan berlaga di pentas Liga Champions Eropa musim 2015/2016.

Nama: Nuno Herlander Simões Espírito Santo
Tanggal Lahir: 25 January 1974
Usia: 41 Tahun
Karir Kepelatihan: Rio Ave (2012-2014), Valencia (2014-sekarang)
Statistik Kepelatihan bersama Valencia:
Menang: 22
Seri: 9
Kalah: 6
Presentasi Kemenangan: 59.46%
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9183 seconds (0.1#10.140)