Presiden Baru IAAF Janji Berangus Doping

Kamis, 20 Agustus 2015 - 17:41 WIB
Presiden Baru IAAF Janji Berangus Doping
Presiden Baru IAAF Janji Berangus Doping
A A A
BEIJING - Sebastian Coe tak mau berleha-leha sejenak usai terpilih sebagai presiden baru Federasi Atletik Dunia (IAAF). Sehari setelah terpilih, mantan atlet Inggris itu menyatakan perlawanan terhadap doping yang tengah menyerang olah raganya.

"Tidak ada toleransi terhadap penyalahgunaan doping dalam olah raga ini dan saya akan mempertahankannya dalam tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi," ucap Coe dilansir BT Sport, Kamis (20/8/2015).

Coe baru saja memenangkan pemilihan umum dalam Kongres IAAF ke-50 di Beijing, Rabu (19/8/2015). Pria berusia 58 tahun itu mengalahkan sesama mantan atlet asal Ukraina, Sergey Bubka untuk menjabat kursi nomor satu atletik dunia. (Baca Juga: Presiden Baru Atletik Dunia Diminta Bersihkan Doping)

Terpilihnya Coe membuat IAAF kembali punya kekuatan usai dihantam isu doping. Pasalnya beberapa waktu lalu, federasinya diduga tak serius menangani wabah zat terlarang usai media di Inggris dan Jerman memaparkan temuannya.

Coe menambahkan, pihaknya tak mau gegabah dalam menindaklanjuti kasus menggemparkan tersebut. Sebab menurutnya, ada upaya menciptakan konflik dengan modus penyebaran doping secara masif.

"Kami harus mengakui, ada pandangan yang terlalu luas bahwa ini memang sebuah kasus. Apakah kebenaran atau hanya menduga-duga di mana terdapat konflik dan celah," imbuhnya.

"Saya pikir sistem independen adalah hal yang kami butuhkan untuk menghentikan spekulasi ini. Membuat kami bisa selalu waspada terhadapnya (doping)," pungkasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6788 seconds (0.1#10.140)