Madrid-MU Saling Menyalahkan

Kamis, 03 September 2015 - 09:26 WIB
Madrid-MU Saling Menyalahkan
Madrid-MU Saling Menyalahkan
A A A
MADRID - Kegagalan kedua klub terkaya dunia menyelesaikan transfer David de Gea pada hari terakhir bursa Spanyol, Senin (31/8), masih menjadi tanda tanya. Setelah dipastikan tidak mengambil langkah lebih lanjut, Real Madrid dan Manchester United (MU) memberikan penjelasan masingmasing. Berikut kronologis berdasarkan pernyataan mereka.

Minggu (30/8)
De Gea terbang ke Madrid untuk menjalani tugas internasional. Di saat bersamaan, dia berharap dapat diresmikan sebagai pemain Madrid. Acara presentasi dijadwalkan pada Selasa (2/9) siang. Di saat bersamaan, Madrid meminta Keylor Navas menunda kepergiannya ke Amerika Serikat untuk laga uji coba Kosta Rika kontra Brasil. Los Blancos membutuhkan kehadirannya karena memasukkannya ke dalam bagian transfer De Gea.

Senin (31/1)
11.00 waktu Spanyol (CEST) Madrid membuka negosiasi dengan MU untuk transfer De Gea. Madrid menuding MU baru mau merespons permintaan mereka terkait De Gea. MU membantah dan mengaku tidak pernah menerima proposal Madrid sebelum hari itu. MU juga menekankan tidak perlu menghubungi Madrid karena tidak ingin menjual De Gea.

Pada akhirnya MU setuju tawaran Madrid dan meminta mereka mencantumkan Navas sebagai alat tukar. 13.39 CEST Madrid dan MU mencapai kesepakatan. Madrid menyusun kontrak dan mengirim dokumen ke MU. Madrid dan De Gea sudah lama menyetujui kontrak. Yang tersisa adalah diskusi MU dengan Navas. 21.43 CEST MU membutuhkan sekitar delapan jam untuk membalas dokumen Madrid.

Durasi lama ini karena perundingan alot menyangkut kontrak Navas, yang dilaporkan keberatan dengan beberapa klausul di dalamnya. 21.44 CEST Kedua pemain menandatangani kontrak. 23.32 CEST Madrid mengirim kembali kontrak yang sudah ditandatangani ke MU. Kedua klub kini harus mendaftarkan transfer ke sistem FIFA (TMS). Madrid membutuhkan konfirmasi TMS dan perlu menyetornya ke Otoritas Primera Liga (LFP).

Dengan bursa hanya tersisa sekitar setengah jam, Madrid bisa memberi tahu LFP akan adanya keterlambatan pada pendaftaran. Namun, mereka tidak melakukannya. 23.53 CEST Penundaan kembali terjadi. Menurut Madrid, Navas kembali menegosiasikan kontrak dengan MU sehingga kesepakatan membutuhkan tanda tangan baru. 23.58 CEST MU mendaftarkan penjualan De Gea ke TMS, tapi tidak pembelian Navas.

Selasa (2/9)
00.02 CEST Madrid mencoba mengakses TMS, tapi sistem sudah ditutup karena deadline terlewati. Dalam keterangannya, Madrid mengaku perlu menunggu MU mendaftar terlebih dahulu ke TMS. Pada kenyataannya, Madrid tidak perlu melakukannya karena setiap klub memiliki rekening masing-masing.

00.26 CEST Madrid mengklaim TMS, yang sebelumnya tidak berfungsi, meminta jawaban terkait peresmian transfer De Gea. 00.28 CEST Madrid tetap mengirim dokumen ke LFP meski sadar deadlinesudah lewat. LFP menegaskan tidak pernah mendapat pemberitahuan dari Madrid akan adanya pendaftaran yang terlambat.

00.30 CEST Terkuak kabar Madrid tidak bisa membuka dokumen yang dikirimkan MU sehingga terlambat mendaftar ke LFP. Namun, hal ini tidak masuk 10 poin pernyataan resmi klub yang menyalahkan MU, dikeluarkan pada Selasa siang. MU membalas dengan memberikan versi mereka pada Selasa malam.

Harley ikhsan
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7675 seconds (0.1#10.140)