Preview Belanda VS Islandia: Beban Pelatih Anyar Timnas Belanda

Kamis, 03 September 2015 - 16:14 WIB
Preview Belanda VS Islandia: Beban Pelatih Anyar Timnas Belanda
Preview Belanda VS Islandia: Beban Pelatih Anyar Timnas Belanda
A A A
AMSTERDAM - Setelah harus melalui perjalanan menyedihkan di kualifikasi Piala Eropa dengan menelan dua kekalahan, Timnas Belanda kini harus bisa meraih hasil sempurna saat dini hari nanti, Jumat (4/9/2015), berhadapan dengan Islandia. Pasalnya, bila Timnas Belanda tak juga bisa beranjak dari posisi tiga kelasemen Grup A, maka mereka diwajibkan untuk lebih dahulu melalui babak play-off sebelum memastikan diri iut serta dalam putaran final gelaran Piala Eropa yang akan digelar tahun depan.

Namun untuk bisa meraih hasil sempurna saat berhadapan dengan Islandia tentunya bukan hal mudah bagi Timnas Belanda. Selain kekalahan yang telah mereka terima di pertemuan pertama dengan Islandia, Timnas Belanda juga masih harus melakukan adaptasi dengan gaya permainan pelatih anyar mereka.

Ya, kegagalan Guus Hiddink mengangkat performa Timnas Belanda di kualifikasi Piala Eropa, akhirnya memaksa KNVB (federasi sepak bola Belanda) untuk menunjuk Danny Blind sebagai pelatih baru Timnas Belanda. Dan tentu saja, kedatangan pelatih anyar berarti membuat para pemain harus kembali melakukan adaptasi dengan gaya permainan yang baru pula. Namun pengalaman Blind sebagai asisten pelatih Timnas Belanda di era kepemimpinan Louis van Gaal dan Guus Hiddink, diharapkan membuat para pemain tidak membutuhkan waktu lama dalam melakukan adaptasi dengan gaya permainannya.

Blind sendiri juga merasa sangat percaya untuk bisa memetik kemenangan di lag debutnya sebagai pelatih kepala Timnas Belanda. Meski sadar Islandia bukanlah lawan yang mudah, namun dengan pola permainan yang akan diterapkanya, Blind percaya Timnas Belanda bisa meraih hasil sempurna.

''Kami harus menang dan tentunya mencetak gol. Saya berharap kami bisa unggul sejak menit awal,'' ungkap Blind seperti dilansir Voetbal International.

''Kami harus bermain dengan tempo yang cepat. Kami harus bisa membongkar organisasi permainan Islandia, karena mereka bermain sangat disiplin dan memiliki pemain yang memperkuat klub-klub hebat di Eropa,'' sambungnya.

Islandia sendiri saat ini duduk di puncak kelasemen Grup A dengan koleksi 15 poin dari enam pertandingan. Sedangkan di posisi kedua ada Republik Ceko yang berhasil mengoleksi total 13 poin dari 6 pertandingan. Hal ini membuat Timnas Belanda belum tentu bisa begitu saja naik ke posisi dua Grup A bila berhasil menumbangkan Islandia. Karena di waktu yang sama, Ceko akan berhadapan dengan Kazakstan yang tidak pernah sekalipun merasakan kemenangan di enam laga kualifikasi Piala Eropa 2016.

''Mereka (Islandia) berhasil mengumpulkan 15 poin dari enam pertandingan. Tentunya tidak akan mudah. Tapi kami harus bisa lolos ke putaran final, dan hal itu sepenuhnya ada di tangan kami.

Untungnya, Timnas Belanda bisa menggunakan semua kekuatan terbaik mereka, karena tidak ada satupun pemain yang mengalami cedera. Dengan pola 4-3-3 yang akan digunakan sang pelatih anyar, maka Timnas Belanda dipastikan akan mampu membombardir pertahanan Islandia sejak menit pertama.
(rus)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5511 seconds (0.1#10.140)