Mencari Pelampiasan

Jum'at, 04 September 2015 - 09:25 WIB
Mencari Pelampiasan
Mencari Pelampiasan
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi Peru, dini hari nanti. Kendati hanya berlabel uji coba, The Yanks menargetkan kemenangan demi menghapus memori buruk di Piala Emas 2015.

AS pantas mengumbar psywar tersebut karena impian mereka menjuarai Piala Emas 2015 musnah setelah disingkirkan Jamaika di semifinal. Parahnya lagi, mereka juga gagal pada perebutan tempat ketiga setelah dikalahkan Panama. Karena itu, Pelatih Juergen Klinsmann mengatakan, laga menghadapi Peru sangat penting untuk dimenangkan guna mengembalikan kepercayaan diri pasukannya.

“Ini (laga melawan Peru) merupakan waktu yang tepat bagi para pemain membuktikan kualitasnya. Terlebih, setelah hasil buruk yang kami alami di Piala Emas 2015,” kata Klinsmann, dilansir Goal. Juru taktik asal Jerman itu menilai, laga melawan Peru akan dimanfaatkan AS untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Khususnya, jelang playoff Piala Konfederasi kontra Meksiko, Oktober mendatang.

“Laga melawan Peru bukan untuk membangun tim di masa depan, tetapi kami ingin berada dalam kondisi terbaik saat berhadapan dengan Meksiko,” sambungnya. Guna mendulang kemenangan, Klinsmann akan menurunkan komposisi tim terbaiknya. Di sisi penjaga gawang, Tim Howard yang sempat pensiun selama 14 bulan dari tim nasional akan kembali menjadi starter. Klinsmann mengatakan, sosok senior dan berpengalaman seperti Howard akan memberikan dampak positif bagi tim asuhannya.

“Kami ingin melakukan latihan sejak hari pertama dengan intens dan kompetitif. Jadi, para pemain veteran harus segera menyatu karena tim memiliki energi yang sangat besar,” paparnya. Kembalinya Howard pun disambut baik Brad Guzan. Dirinya menegaskan siap bersaing untuk menjadi pilihan utama di mistar gawang AS. Sementara di kubu lawan, Peru bertekad mempertahankan performa terbaik mereka pascamelaju ke semifinal Copa America 2015.

Namun, ambisi skuad besutan Ricardo Gareca meraih kemenangan atas AS tidak akan mudah. Maklum, Peru tidak akan diperkuat dua penyerang andalannya, Claudio Pizarro dan Paolo Guerrero. Meski begitu, Gareca tetap optimistis timnya bisa mengendalikan permainan The Yanks. Timnya hanya tinggal memanfaatkan kekompakan yang sudah terjalin di skuad La Blanquirroja, julukan Peru.

“Kami memiliki pemain pengganti yang cukup kompetitif. Kami hanya tinggal memanfaatkan setiap momentum yang ada karena kami sudah siap menjalani pertandingan tersebut,” ujar Gareca, dikutip Goal.

Alimansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8182 seconds (0.1#10.140)