Setelah Rusia, Atletik Italia Juga Diguncang Skandal Doping

Kamis, 03 Desember 2015 - 12:15 WIB
Setelah Rusia, Atletik Italia Juga Diguncang Skandal Doping
Setelah Rusia, Atletik Italia Juga Diguncang Skandal Doping
A A A
ROMA - Setelah Rusia diguncang skandal doping, kini atlet atletik Italia diguncang kasus paling dibenci di dunia olah raga. Setidaknya 26 atlet tengah menghadapi ancaman hukuman dua tahun setelah positif menggunakan zat terlarang.

Seperti dilaporkan Insidethegames, Kamis (3/12/2015), dari 26 atlet tersebut terdapat atlet atletik nomor lompat jangkit peraih medali perunggu olimpiade, Fabrizio Donato. Rincian hasil investigasi Organisasi Anti-Doping Italia (NADO) yang dikeluarkan Komite Olimpiade Italia (CONI) muncul tak lama setelah Presiden Atletik Internasional (IAAF) Sebastian Coe mengadakan pertemuan dengan parlemen Inggris.

Dalam pertemuan tersebut Coe mengatakan kalau atletik sekarang ada di persimpangan jalan karena banyak skandal doping terkuak. Jelas kondisi yang melanda olah raga Italia ini diperkirakan akan mempengaruhi pencalonan Roma sebagai tuan rumah Olimpiade 2024. Atlet top lainnya yang terseret kasus memalukan ini adalah juara maraton Eropa, Daniele Meucci dan juara lompat jauh Eropa 2006 Andre Howe.

Atlet Italia lainnya yang bakal terancam hukuman adalah Giuseppe Gibilisco. Ia merupakan mantan atlet lompat galah yang meraih juara dunia pada 2003 dan medali perunggu olimpiade.

Peraih medali emas jalan cepat di Olimpiade Beijing, Alex Schwazer juga masuk dalam deretan atlet positif doping. Rasanya jumlah atlet akan bertambah mengingat penyelidikan dan investigasi masih dilangsungkan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4405 seconds (0.1#10.140)