Merasa Jadi Bagian Barca, Arda Turan Warisi Nomor Figo

Rabu, 30 Desember 2015 - 18:40 WIB
Merasa Jadi Bagian Barca, Arda Turan Warisi Nomor Figo
Merasa Jadi Bagian Barca, Arda Turan Warisi Nomor Figo
A A A
BARCELONA - Dua pemain anyar Barcelona Arda Turan dan Aleix Vidal sudah memiliki nomor resmi. Dari tiga nomor yang menganggur; 7, 16, dan 22, Turan memilih nomor 7 yang merupakan angka dengan tradisi mencetak gol. Sedangkan Vidal menyandang nomor 22.

Turan dan Vidal didatangkan Barcelona pada bursa musim panas lalu (Agustus). Mereka tinggal menghitung hari untuk bisa bermain bersama Barcelona karena klub sudah mendaftar namanya ke otoritas sepak bola Spanyol dan sanksi FIFA terkait larangan transfer akan berakhir Januari 2016. Namun, Turan dan Vidal memang belum bisa tampil melawan Real Betis, Kamis (31/12/2105) pukul 02.30 WIB. (Baca juga: Menanti Penampilan ke-500 Lionel Messi).

Bintang Turki kelahiran Istanbul, 30 Januari 1987, itu harus meninggalkan kebiasannya mengenakan nomor 10 seperti di dua klub sebelumnya, Galatasaray dan Atletico Madrid. Di Barcelona, nomor 10 sudah identik dengan Lionel Messi, sedangkan nomor 11 milik Neymar.

Nomor 7 di Barcelona memiliki sejarah panjang dan selalu dikenakan oleh pemain dengan nama besar. Menyusul kepergian Luis Figo, Alfonso Perez bertanggung jawab membawa tradisi mencetak gol Barcelona. Javier Saviola kemudian menjadi pewaris berikutnya, dan membuka jalan untuk Henrik Larsson, Eidur Gudjohnsen, pencetak gol Spanyol David Villa, dan terakhir Pedro Rodriguez sebelum ke Chelsea.

Turan mengakui klub melakukan upaya besar dalam membantu pemain untuk bisa menyatu dengan tim. "Saya benar-benar merasa menjadi bagian dari tim dan semua orang begitu ramah," kata Turan kepada Fanatik. "Barcelona sebuah organisasi yang luar biasa. Saya tidak menyadari betapa besar klub ini hingga saya menghabiskan waktu di sini."

Sementara itu Aleix Vidal mengenakan nomor 22. Nomor ini sempat diangkat pamornya oleh Dani Alves, untuk penghormatan kepada pemain asal Prancis Eric Abidal selama dua musim. Alves melepasnya musim panas ini untuk mengenakan nomor yang ditinggalkan Xavi Hernandez: 6.

Denis Suarez bisa menjadi pemain berikutnya untuk bergabung dengan Blaugrana, dan kemungkinan akan mengenakan nomor 16. Nomor itu belum ada pemiliknya sejak musim 2013-2014, saat Sergio Busquets memilih nomor warisan Carles Puyol, yakni nomor 5.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)