Roma Jamin Pencalonan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024 Berjalan Mulus

Rabu, 13 Januari 2016 - 12:14 WIB
Roma Jamin Pencalonan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024 Berjalan Mulus
Roma Jamin Pencalonan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2024 Berjalan Mulus
A A A
ROMA - Pencalonan diri Roma sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 diramalkan akan berlangsung mulus. Tidak diperlukan referendum untuk mengetahui sikap warga setuju atau tidak Ibukota Italia itu menggelar pesta olah raga dunia empat tahunan tersebut.

Ketua Komite Bidang Penawaran Luca Cordero di Montezemolo mengatakan sejauh ini sikap warga Roma sangat kooperatif. Pencalonan diri Roma sebagai tuan rumah Olimpiade 2024 juga mempunyai tujuan membersihkan kota dari reputasi kota yang sarat dengan korupsi.

Pekan lalu, partai radikal di Italia meminta agar pencalonan ini harus melalui referendum. Tapi, wakil ketua pencalonan Luca Pancalli menegaskan dirinya tak khawatir jika referendum harus dilakukan.

Untuk menggelar referendum sebenarnya tidaklah sulit. Menurut Insidethegames, Rabu (13/1/2016), hanya diperlukan satu persen suara dari 30 ribu penduduk Roma yang menginginkan hal itu terjadi, maka referendum bisa dilakukan.

"Pemerintah telah menyatakan telah mendapatkan dukungan penuh. Jadi kami menilai tidak perlu diadakan referendum. Kalau seseorang menginginkannya, mari kita lakukan. Tapi selama ini kami selalu berusan dengan lembaga. Jadi saya melihat hal tersebut tidak perlu dilakukan," ucap Di Montezemolo.

Roma nantinya akan bersaing dengan Budapest, Los Angeles dan Paris. Kepastian terpilihnya kota yang akan jadi penyelenggara Olimpiade 2024 akan ditentukan dalam sidang Komite Olimpiade Internasional pada September 2017 di Lima, Peru.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7369 seconds (0.1#10.140)