Preview Derby County vs Manchester United: Kesempatan Terakhir Van Gaal

Jum'at, 29 Januari 2016 - 08:00 WIB
Preview Derby County vs Manchester United: Kesempatan Terakhir Van Gaal
Preview Derby County vs Manchester United: Kesempatan Terakhir Van Gaal
A A A
JAKARTA - Manchester United bakal menghadapi lawan mudah di babak keempat Piala FA 2015/2016 yakni Derby County. Laga tersebut bisa jadi kesempatan terakhir manajer Louis van Gaal untuk mempersembahkan trofi musim ini.

United terus jadi sorotan menyusul performa buruknya di Liga Inggris. Usai memberikan penampilan menjanjikan kala menumbangkan Liverpool 17 Januari lalu, Wayne Rooney dkk malah tumbang dari Southampton akhir pekan kemarin.

Kekalahan membuat United tertahan di posisi lima klasemen sementara sehingga kian tertinggal dari pemuncak klasemen sementara Leicester City. Total The Red Devils terpaut 10 poin dari The Foxes.

Kans menjuarai Liga memang masih terbuka bagi United secara matematis, namun performa angin-anginannya membuat peluang mudahnya jadi jalan yang cukup terjal. Padahal, kesempatan mereka meraih trofi tinggal di Liga Inggris dan Piala FA setelah tersingkir di Liga Champions serta Piala Liga.

Kondisi demikian membuat isu pemecatan Van Gaal juga kembali menggema. Media Inggris menyebut pria asal Belanda sudah menyerah dengan meminta mengundurkan diri dari jabatannya sebagai manajer.

Namun Van Gaal punya ajang pembuktian untuk menembus kekalahan United pekan lalu. Ya, ia akan memimpin anak asuhnya bertandang ke markas Derby County di Stadion Pride Park, Jumat (29/1/2016) waktu setempat atau Sabtu (30/1/2016).

Dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Van Gaal menyatakan timnya bakal bermain serius. Salah satu alasannya sama seperti di atas, laga melawan Derby County adalah kesempatan lainnya menuju trofi.

"Ini Piala FA, sama seperti semua klub di Inggris di mana menganggap ajang ini sangat populer. Piala ini penting sebab gelar juara lain dan kami akan berusaha mendapatkannya," katanya dilansir situs resmi klub.

Namun tetap saja tekanan tak bisa lepas dari benak Van Gaal. Salah satu buktinya adalah ketika ia menyemprot media Inggris yang dinilainya telah membuat cerita palsu soal isu pengunduran dirinya. (Baca Juga: Van Gaal: Saya Lebih Pilih Mengundurkan Diri)

"Saya tidak berpikir sudah mengatakannya. Saya kira anda semua sudah membuat cerita tersebut. Itu adalah hal yang mengerikan dan menakutkan yang pernah anda tulis," sindirnya saat ditanya soal pengunduran dirinya.

Melawan Derby County jelas jadi laga penting untuk Setan Merah, khususnya Van Gaal. Beruntung, catatan pertemuan United melawan The Rams -julukan Derby, cukup apik. Dari tujuh pertemuan terakhir, mereka menang lima kali dan sisanya imbang serta kalah.

Hal itu kian didukung dengan kondisi limbung tuan rumah. Dalam lima pertandingan terakhir di Divisi Championship, tim besutan Paul Clement belum sekalipun mengemas kemenangan.

Singkat kata, kemenangan akan membuat Van Gaal masih punya kesempatan menyumbang trofi setelah gagal bersaing di Liga Inggris. Namun andai kalah, bukan tak mungkin manajemen klub bakal menyingkirkan manajer berusia 64 tahun itu tanpa harus diminta.

Berikut statistik pertandingan kedua tim

Lima Pertemuan Terakhir Derby County vs Manchester United
Derby County vs Manchester United 1-4
Manchester United vs Derby County 4-2
Derby County vs Manchester United 1-0
Derby County vs Manchester United 0-1
Manchester United vs Derby County 4-1

Lima pertandingan Terakhir Derby County
Middlesbrough vs Derby County 2-0
Harthepool United vs Derby County 1-2
Derby County vs Reading 1-1
Derby County vs Birmingham City 0-3
Burnley vs Derby County 4-1

Lima pertandingan Terakhir Manchester United
Manchester United vs Swansea City 2-1
Manchester United vs Sheffield United 1-0
Newcastle United vs Manchester United 3-3
Liverpool vs Manchester United 0-1
Manchester United vs Southampton 0-1
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7798 seconds (0.1#10.140)