Virus Zika Ancam Olimpiade 2016

Senin, 01 Februari 2016 - 10:07 WIB
Virus Zika Ancam Olimpiade 2016
Virus Zika Ancam Olimpiade 2016
A A A
RIO DE JANEIRO - Virus Zika yang sekarang ini tengah menjangkiti benua Amerika mengancam perhelatan Olimpiade 2016. Seorang atlet tuan rumah, Brasil, Aline Silva diduga telah menjadi korban virus yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut.

Seperti dilaporkan Newsday, Senin (1/2/2016), Silva yang merupakan seorang pegulat wanita itu telah merasakan ada yang aneh dalam tubuhnya. Ia sempat demam dan tak mau ambil risiko dengan memeriksakan diri ke tim medis.

Hanya kurang lebih enam bulan perhelatan pesta olah raga dunia itu digelar, sejumlah cabang olah raga memang sudah menggelar turnamen pemanasan. Ajang itu sekaligus untuk menguji kelayakan venue pertandingan.

Karena masifnya serangan nyamuk, beberapa atlet dari luar Brasil sudah melengkapi diri dengan lotion anti-nyamuk. "Buat saya ini sangat mengkhawatirkan. Ini benar-benar jadi masalah besar dalam latihan dan pertandingan nantinya. Jika saya tidak menggunakan lotion anti-nyamuk. Sata sempat mengalami demam berdarah sampa dua kali, jadi saya sangat khawatir,"ungkap Silva.

Meski virus ini bisa menyebabkan demam, namun berbeda dengan demam berdarah. Virus Zika ini ditularkan ke manusia oleh nyamuk. Biasanya yang terjangkit virus ini akan merasakan sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas, mungkin juga menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri punggung.

Perbedaannya dengan demam berdarah, Virus Zika ini bisa menimbulkan risiko terhadap janin pada wanita hamil. Sayangnya hingga saat ini obat atau vaksin mencegah demam akibat Virus Zika ini belum ditemukan.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1638 seconds (0.1#10.140)