Grup F: Profil Timnas Portugal

Sabtu, 20 Februari 2016 - 16:04 WIB
Grup F: Profil Timnas Portugal
Grup F: Profil Timnas Portugal
A A A
PARIS - Profil Timnas Portugal

Timnas: Portugal
Julukan: Selecao Das Quinas
Asosiasi: Federasi Sepak Bola Portugal (FPF)
Pelatih: Fernando Santos
Kapten tim: Cristiano Ronaldo
Penampilan terbanyak: Luís Figo (127)
Top skor: Cristiano Ronaldo (51)
Stadion : Estádio da Luz
Kode FIFA: POR
Peringkat dunia saat ini:
Tertinggi: 3 (Mei-Juni 2010, Oktober 2012, April-Juni 2014)
Terendah: 7 (Januari 2007)

Jejak di Piala Eropa
Prestasi Timnas Portugal di Piala Eropa terbilang belum begitu mengesankan, namun Selecao Das Quinas dikenal sebagai tim kuda hitam. Portugal mencatatkan prestasi terbaiknya pada 2004 lalu dimana mereka sukses keluar sebagai runner up usai dikalahkan Yunani. Piala Eropa 2016 merupakan kesertaan Portugal ketujuh kalinya sepanjang sejarah turnamen empat tahunan tersebut digelar sejak 1960.

Sosok Pemain Kunci: Cristiano Ronaldo

Fernando Santos sangat menggantungkan harapannya pada Cristiano Ronaldo. Wajar jika pelatih Portugal menaruh harapan besar dari mesin gol Real Madrid tersebut, sebab ia bukan hanya pesepakbola paling populer di dunia saja. Dia juga orang kedua paling populer di planet bumi setelah Katy Parry dengan jumlah pengikut di media sosial sekitar 150 juta.

Sementara berbicara tentang kemampuannya dalam mengolah si kulit bundar sudah tak diragukan lagi. Banyak prestasi yang sudah ditorehkannya selama berada di Real Madrid, salah satunya mampu melewati rekor Raul Gonzalez. Pada 2015 Ronaldo dinobatkan sebagai pemain Portugal terbaik sepanjang masa oleh Federasi Sepakbola Portugal dan ia pernah menerima penghargaan sebagai pemain terbaik Eropa 2014. September lalu ia telah mengoleksi 500 gol. Sedang bersama timnas Portugal, CR7 meraih trofi pemain terbaik dunia sebanyak tiga kali (2008, 2013, dam 2014).

Profil Pelatih: Fernando Santos
Fernando Santos terpilih untuk mengisi kursi pelatih setelah Federasi Sepak Bola Portugal memecat Paulo Bento pada 2014 lalu. Sejak itu namanya mulai diperhitungkan setelah ia mampu memberikan warna terhadap permainan tim. Itu dibuktikannya dengan merebut titel sebagai juara Grup I di babak penyisihan Piala Eropa dengan raihan 18 poin dari tujuh pertandingan.

Peluang di Piala Eropa 2016
Portugal memang tidak masuk dalam daftar kandidat juara di Piala Eropa 2016, namun bukan tidak mungkin Cristiano Ronaldo cs mampu memberikan kejutan di Prancis nanti. Faktor Ronaldo dan permainan ala tim samba bisa menjadi senjata utama untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Dari hasil drawing, Portugal berada di Grup F bersama Australia, Hungaria, dan Islandia. Dari ketiga lawannya tersebut, hanya Hungaria yang belum pernah menang melawan Portugal. Ini bisa dijadikan sebagai kesempatan untuk mencuri tiga angka.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8060 seconds (0.1#10.140)