Mendadak Ditunjuk Jadi Pelatih Persegres, Widodo Kelabakan

Minggu, 21 Februari 2016 - 17:17 WIB
Mendadak Ditunjuk Jadi Pelatih Persegres, Widodo Kelabakan
Mendadak Ditunjuk Jadi Pelatih Persegres, Widodo Kelabakan
A A A
GRESIK - Waktu enam hari menyiapkan tim mungkin hampir mustahil untuk seorang pelatih. Tapi, situasi itu benar-benar dihadapi Widodo C Putro yang ditunjuk membangun kekuatan jelang keikutsertaan Persegres Gresik United di Piala Gubernur Kalimantan Timur (PGK) 2016.

Setelah diserahi mandat sebagai pelatih, Widodo justru kelabakan menentukan program untuk timnya. Bahkan siapa saja pemain yang akan memperkuat Persegres, dirinya belum paham walau bakal memulai latihan pada Senin (22/2/2016). Manajemen hanya menjanjikan akan memboyong beberapa pemain ke Gresik.

Tidak banyak yang bisa dilakukan seorang pelatih dalam waktu seminggu. Belum juga memikirkan komposisi pemain, Widodo juga harus mempersiapkan aspek kebugaran sekaligus pematangan strategi tim melalui uji tanding. Sangat berat untuk dijalani.

"Jujur saya bingung dengan persiapan semendadak ini. Hanya dalam waktu kurang dari seminggu harus membentuk tim untuk bertanding di turnamen. Manajemen memang menjanjikan beberapa pemain, tapi saya belum tahu kapan tim komplet," keluh Widodo.

Sebenarnya eks pemain Petrokimia Putra ini sempat menyarankan pada manajemen agar mengikuti turnamen lain agar persiapan lebih matang. Namun manajemen Persegres tetap ngotot mengikuti PGK karena iming-iming match fee yang lebih besar dari budget pembentukan tim. (Baca juga: Waduh! Kontestan Piala Gubernur Kaltim 2016 Cuma Incar Uang Tampil).

Dengan situasi demikian, paling rasional bagi Laskar Jaka Samudra adalah memanfaatkan pemain-pemain lama yang masih belum bergabung tim lain. Itu pun nantinya akan terbentur pada kondisi fisik karena sudah lama mereka tidak beraktivitas di sepak bola.

"Karena manajemen memberikan kepercayaan, saya berupaya semaksimal mungkin walaupun sangat sulit membentuk tim secepat ini. Semoga memang ada pemain yang akan didatangkan manajemen, karena tidak sempat lagi melakukan seleksi," lanjut pelatih kelahiran Cilacap.

Mepetnya persiapan ini lebih buruk dibanding Piala Jenderal Sudirman silam. Saat itu Widodo masih memiliki waktu sekitar dua pekan, dengan komposisi pemain-pemain tinggalan pelatih Liestiadi. Sekarang, bahkan pemain yang terikat kontrak pun tidak ada.

Berdasar pembagian grup, Persegres bakal berada satu grup dengan tuan rumah Pusamania Borneo FC, Persela Lamongan, serta Arema Cronus. Pertandingan bakal digelar mulai 27 Februari di kota Samarinda, Kalimantan Timur. (Baca: Ini Pembagian Grup dan Jadwal Lengkap Piala Gubernur Kaltim 2016).
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6314 seconds (0.1#10.140)