Tampil di F1, Rio Haryanto Ngaku Seperti Bermimpi

Selasa, 23 Februari 2016 - 20:24 WIB
Tampil di F1, Rio Haryanto...
Tampil di F1, Rio Haryanto Ngaku Seperti Bermimpi
A A A
BARCELONA - Kesempatan tampil di ajang balap mobil bergengsi di dunia telah diperoleh Rio Haryanto. Namun Rio mengaku ia masih seperti sedang bermimpi.

Jejak kakinya di Formula 1 akan dimulai di pengujian yang akan berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Rabu (24/2/2016). Dan sehari selanjutnya Rio akan kembali mengetes keandalan MRT05.

Dalam wawancara dengan Formulaspy, Selasa (23/2/2016), Rio merasa ini adalah kesempatan terbesar. Tekanan pun dirasakan mengingat semua mata rakyat Indonesia kini tertuju padanya.

"Ini masih seperti tidak nyata, mimpi yang jadi kenyataan. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada Indonesia dengan dukungan penuh dan sponsor. Juga berterima kasih pada Manor Racing yang telah memberikan kesempatan. Saya sudah tak sabar untuk segera memacu mobil," ucap pembalap asal Solo itu.

Rio menuturkan bagaimana perasaanya ketika namanya belum disebut Manor Racing. Ia begitu stress, tapi semuanya segera berubah manakala namanya dimasukan dalam komposisi tim.

Mengenai target, Rio tidak muluk-muluk. Ia sadar persaingan di level tertinggi ini sangat ketat. "Karenanya target saya mempelajari dulu segala kemungkinan soal mobil dan tim. Setidaknya saya bisa ada di posisi tengah, kalau ada kemungkinan meraih poin akan saya lakukan."

Sebagai pembalap pertama Indonesia yang tampil di Formula 1, Rio merasa harus memuaskan semua pendukungnya dengan prestasi. "Ini akan menambah motivasi saya. Formula 1 tekanannya berbeda dengan GP2 di mana Anda bersama 12 anggota tim. Tapi di F1 ada 60 orang dan perlu membiasakan diri. Kami harus berjuang di 12 seri tahun ini dan ini akan sulit secara mental berkeliling dunia plus menghadapi tekanan dari dalam negeri sendiri yang mengharapkan penampilan bagus di musim ini."

Rio pun tak menampik kehadiran media yang memberikan perhatian penuh sejak namanya diumumkan menjadi pembalap F1 pertama dari Indonesia. "Media banyak meminta wawancara dan semuanya berubah dalam waktu cepat. Tapi, tanpa dukungan mereka saya tak akan ada di sini. Mereka mempunyai harapan besar sebab sudah menunggu lama untuk ini," pungkas Rio.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0545 seconds (0.1#10.140)