Kalahkan Liverpool, City Juara Capital One Cup 2016

Senin, 29 Februari 2016 - 02:29 WIB
Kalahkan Liverpool, City Juara Capital One Cup 2016
Kalahkan Liverpool, City Juara Capital One Cup 2016
A A A
LONDON - Manchester City berhasil jadi juara di ajang Capital One Cup 2016 usai menaklukkan Liverpool lewat drama adu penalti. The Citizen menang 3-1 di babak tos-tosan setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Bertanding di Stadion Wembley, Minggu (28/2/2016), kedua kesebelasan yang sedang terseok-seok di Liga Inggris berupaya merebut trofi pertama musim ini. Kedua tim pun langsung tampil ngotot dengan banyak bertarung di lini tengah.

Di menit ke-24, Aguero yang bisa membongkar pertahanan Liverpool hampir membuka keunggulan jika sepakannya tidak membentur mistar gawang. Setelah mengecoh dua pemain, ia melepaskan tendangan yang masih membentur tiang setelah sebelumnya menegani tangan Simon Mignolet.

Kerasnya pertandingan di babak pertama membuat Liverpool mesti kehilangan Mamadou Sakho. Bek asal Prancis itu sebelumnya mengalami benturan di kepala dengan rekannya Emre Can hingga sempat tergeletak di lapangan. Juergen Klopp yang tak mau mengambil risiko pemainnya cedera akhirnya menariknya keluar.

Hingga wasit Michael Oliver meniup peluit panjang tanda istirahat, skor kacamata tanpa gol menutup babak pertama. Di babak kedua, City berhasil mendapat gol cepat lewat aksi Fernandinho. Berawal dari serangan sporadis City selepas istirahat, sepakan kerasnya dari sisi kiri gagal dibendung Mignolet. Skor berubah jadi 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Liverpool langsung keluar menyerang. Namun lini tengah City berhasil meredam Coutinho dkk sebelum memasuki lini pertahanannya. Namun perjuangan Liverpool tak sia-sia, di menit ke-83, Coutinho membuat Liverpudlian bergemuruh di Wembley.

Umpan Sturridge ke kotak penalti berhasil melewati Caballero, namun Lallana gagal memasukkan bola setelah membentur tiang. Beruntung bola liar jatuh ke kaki Coutinho dan dengan segera ia menceploskan bola ke gawang City. Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit berakhir dan laga pun mesti dilanjutkan ke masa perpanjangan waktu.

Pergantian dilakukan Pellegrini dengan memasukkan Zabaleta dan Navas, serangan City jadi lebih sengit. Namun Liverpool yang sebelumnya juga memasukkan Lallana dan Origi lagi-lagi bisa mengimbanginya. 15 menit pertama pun belum membuahkan hasil bagi masing-masing tim.

Di babak kedua masa perpanjangan waktu, sejumlah peluang diciptakan kedua tim. Liverpool bisa saja unggul lewat sundulan Origi, namun penyelamatan gemilang dilakukan Caballero untuk menggagalkannya. Setelahnya, giliran Aguero yang tak mampu memaksimalkan blunder James Milner saat melakukan backpass dengan sundulan kepada Mignolet.

Tinggal menyisakan empat menit lagi, tensi panas kedua tim pecah setelah Toure dan Lallana terlibat keributan. Keduanya sempat saling bergelut sebelum dipisahkan rekan masing-masing. Kartu kuning jadi hukuman untuk keduanya. Hingga masa ekstra time berakhir, skor tidak berubah dan laga pun mesti diakhiri lewat adu penalti.

Di babak tersebut, Caballero keluar jadi pahlawan City dengan mementahkan tiga tendangan pemain Liverpool yakni Lucas Leiva, Coutinho dan Lallana. Sementara itu tiga pemain City yang jadi eksekutor yaitu Navas, Aguero dan Toure berhasil menaklukkan Mignolet.

Kemenangan 3-1 di babak adu penalti mengantar City keluar jadi juara. Bagi Pellegrini, trofi ini adalah yang pertama musim ini sebelum ia digantikan Pep Guardiola mulai musim depan. Secara keseluruhan, City sudah empat kali menjuarai Piala Liga.

Susunan Pemain
Liverpool:
Mignolet, Clyne, Lucas, Sakho (Toure'25), Moreno (Lallana'72), Can, Henderson, Milner, Firmino (Origi'80), Coutinho, Sturridge

Manchester City:
Caballero, Sagna (Zabaleta'91), Kompany, Otamendi, Clichy, Fernando (Navas'91), Fernandinho, Toure, Silva (Bony'110, Sterling, Aguero
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4724 seconds (0.1#10.140)