Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

Minggu, 13 Maret 2016 - 13:15 WIB
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah
A A A
LIVERPOOL - Luis Suarez telah mempunyai penerus dalam hal gigit menggigit lawan di lapangan hijau. Adalah Diego Costa yang telah memperkaya khazanah gigit pemain ketika sedang frustasi saat Chelsea tertinggal 0-2 atas Everton pada pertandingan babak keenam Piala FA di Stadion Goodison Park, Minggu (13/3/2016) dini hari WIB.

Peristiwa itu terjadi di menit 84 ketika Costa dilanggar Gareth Barry. Tak terima dengan perlakuan pemain tuan rumah, eks pemain Atletico Madrid itu langsung menghampirinya dan mengadu kepalanya sambil terlihat berkomat-kamit mengatakan sesuatu. Saat itu Barry tetap tenang dan tak menggubris aksi Costa.

Sebaliknya dalam tayangan lambat, striker asal Spanyol terlihat menggigit leher Barry. Setelah pertandingan, manajer Chelsea Guus Hiddink belum mau menanggapi insiden tersebut. Dengan alasan belum melihatnya secara jelas. "Saya mencoba untuk bersikap adil dalam memberikan penilaian, tapi saya belum melihat aksi itu dan sulit bagi saya untuk mengatakan ya atau tidak. Jadi tanpa melihat saya tidak ingin memberikan penilaian," tegas Hiddink.

Saat ini FA sedang menunggu laporan resmi dari Michael Oliver. Wasit tersebut akan diberikan waktu selama 24 jam untuk memberikan laporan mengenai pengusiran yang dilakukannya terhadap Costa. Tanpa berprasangka tentang keputusan yang akan diambil FA, Senin (14/3/2016) waktu setempat, namun jelas bahwa perilaku itu tidak dapat diterima dalam olahraga yang ditonton oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Sebenarnya peristiwa gigit menggigit lawan sudah terjadi sejak lama dalam dunia olahraga profesional. Berikut SINDOnews berhasil merangkum peristiwa gigit lawan selama pertandingan berlangsung: (Baca juga: Pelatih Everton Klaim Gigitan Diego Costa Bukan Momen Penting)

1. Johan Le Roux (Rugby)

Pada 1994 penikmat olahraga rugby ramai membicarakan aksi Johan Le Roux ketika menggigit Sean Fitzpatrick saat tim Afrika Selatan bentrok dengan Selandia Baru di Wellington. Dalam tayangan ulang, kapten Selandia Baru meringis kesakitan ketika salah satu kupingnya digigit oleh Le Roux. Akibat peristiwa itu Le Roux diganjar hukuman selama 17 bulan dan karier internasionalnya berakhir.
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

2. Mike Tyson (Tinju)

Peristiwa gigit paling terkenal terjadi di olahraga tinju saat Mike Tyson bertemu Evander Holyfield pada 1999. Saat itu Si Leher Beton sampai merobek kuping Holyfield dan ia pun didiskualifikasi dari pertarungan kelas berat.
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

3. Oliver Khan

Insiden gigitan penjaga gawang yang mendapat julukan ‘Genghis Khan’ ini terjadi pada 1999. Saat itu, eks penjaga gawang Bayern Muenchen berusaha untuk menggigit leher penyerang Borussia Dortmund, Heiko Herrlich saat kedua tim bertemu di Bundesliga.
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

4. Dylan Hartley (Rugby Union)

Pemain rugby Inggris, Dylan Hartley, mendapat hukuman delapan minggu karena menggigit pemain Irlandia Stephen Ferris dalam pertandingan turnamen enam negara pada 2012. Tidak ada bukti televisi, tapi Hartley ditemukan bersalah.
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

5. Tree Rollins (Basket)

Dalam catatan sejarah gigit-menggigit di lapangan, ada juga aksi gigit yang dilakukan pemain tim bola basket Atlanta Hawks, Tree Rollins, terhadap pemain Boston Celtics, Danny Ainge, di ajang playoff NBA pada 1983. Aksi Rollins menggigit jari Danny menyebabkan ia dijuluki Tree Bites Man (Tree Manusia Penggigit).
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah

6. Luis Suarez (Sepakbola)

Dalam urusan gigit menggigit lawan, mungkin nama Luis Suarez berada di posisi teratas. Pemain berkebangsaan Uruguay itu salah satu pemain yang doyan menggigit lawan dan itu sudah dilakukannya sejak masih merumput bersama Ajax Amsterdam pada 2010 lalu. Dan saat ini ada tiga pemain yang jadi korbannya, yakni Otman Bakkal, Branislav Ivanovic, dan Giorgio Chiellini.
Gigitan Diego Costa Masuk Sejarah
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6412 seconds (0.1#10.140)