Sistem Driveline Rio Rusak, Manor Racing Harus Introspeksi

Minggu, 20 Maret 2016 - 17:54 WIB
Sistem Driveline Rio Rusak, Manor Racing Harus Introspeksi
Sistem Driveline Rio Rusak, Manor Racing Harus Introspeksi
A A A
JAKARTA - Masalah sistem driveline yang terjadi pada jet darat Manor Racing menyebabkan Rio Haryanto gagal finish di Grand Prix Australia, Minggu (20/3/2016) siang WIB. Pembalap Indonesia ini memutuskan untuk mundur dari balapan seri perdana Formula 1 lantaran masalah itu bisa membahayakan keselamatannya di lintasan. Lalu apa sebenarnya sistem driverline itu?

Sistem driveline berfungsi untuk memindahkan daya (power) dari putaran mesin ke roda penggerak yang terdiri dari komponen kopling, gearbox, poros propeler dan differensial. Jika sistem itu tidak berjalan, maka itu disebabkan oleh gesekan yang terjadi antar gigi pada roda gigi atau juga bisa akibat kebocoran minyak pelumas.

Artinya, jika Rio tetap bersikeras melanjutkan balapan. Bukan tidak mungkin ia akan mengalami kecelakaan saat akan melakukan tikungan, sebab perubahan satu gigi ke gigi lain akan memungkinkan roda belakang berputar pada kecepatan yang berbeda saat menikung.

Sehingga bisa dikatakan keputusan Rio memilih mundur di lap 19 saat pilot Manor Racing mengunci posisi ke-18 adalah sesuatu yang bijak. Karena ia masih ingin melanjutkan balapan seri berikutnya dan peristiwa ini bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga di penampilan perdananya di Formula 1.

"Banyak hal positif untuk mengambil pengalaman di akhir pekan ini. Kami berharap bisa melakukan pertempuran di Bahrain," ucap Rio, saat diwawancarai salah satu wartawan.

Sementara itu Pakar Aerodinamika Poempida Hidayatullah mengatakan bahwa istem driveline pada kendaraan Rio bisa dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk tim Manor. Karena jika ini terus dibiarkan pembalap berusia 23 tahun itu akan sulit untuk berjuang bersama pembalap top dunia di musim ini.

"Secara tekhnis ini harus menjadi introspeksi untuk Tim Manor dan harus diperhatikan seluruh pihak," ujar Poempida Hidayatullah, selama menjadi pembicara diacara Dengar Bareng F1 di Sindotrijaya FM.

Baca juga:

Nico Rosberg Rebut Kemenangan Perdana Formula 1
Gagal Finish, Rio Haryanto Alihkan Perhatian ke Bahrain
Rio Gagal Finish, Manor Minta Maaf kepada Masyarakat Indonesia
Berita Seputar Rio Haryanto
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)