Hadapi Sejumlah Masalah, Conte Pusing Jelang Bentrok Spanyol

Rabu, 23 Maret 2016 - 15:57 WIB
Hadapi Sejumlah Masalah, Conte Pusing Jelang Bentrok Spanyol
Hadapi Sejumlah Masalah, Conte Pusing Jelang Bentrok Spanyol
A A A
UDINE - Antonio Conte merasa pening jelang laga persahabatan melawan Spanyol dan Jerman. Pelatih Italia itu harus memilih apakah menambah jam terbang sejumlah pemain atau fokus membenahi lini tengah.

Italia berkesempatan uji kemampuan sebelum mengikuti Piala Eropa 2016. Kelayakan Gli Azzurri hadir di Prancis bisa diketahui saat menjamu Spanyol di Stadio Communale Friuli, Jumat (25/3/2016), dan menyambangi Jerman di Allianz Arena, Rabu (30/3/2016).

Duel kontra Spanyol dan Jerman sangat penting bagi Italia karena dua partai persahabatan selanjutnya kurang berbobot. Berikutnya Italia bakal meladeni Skotlandia (30/5/2016) dan Finlandia (7/6/2016).

Bila mampu mengalahkan Spanyol dan Jerman, Italia punya peluang bicara banyak di Negeri Mode. Setidaknya mereka bisa melakoni laga pertama penyisihan Grup E kontra Belgia dengan mulus. Itu bisa membantu misi Gianluigi Buffon dkk menyamai catatan Piala Eropa 2012 yang berhasil jadi finalis.

Masalahnya Conte dihadapkan pada dilema. Pada satu sisi, nakhoda berusia 46 tahun itu disarankan mencoba beberapa pemain yang jarang tampil. Di sisi lain, dia juga harus menyelesaikan masalah yang melanda lini tengah.

Saat meladeni La Furia Roja-julukan Spanyol-, Conte dapat menakar kapasitas debutan macam Daniele Rugani, Jorginho, atau Federico Bernardeschi. Pemain yang caps-nya masih satu digit seperti Lorenzo De Silvestri, Francesco Acerbi, Giacomo Bonaventura dan Stefano Okaka juga perlu dianalisa.

Tapi, rencana itu dinilai cukup beresiko lantaran squad Italia saat ini belum lengkap, khususnya di lini tengah. Conte tidak bisa memainkan Claudio Marchisio dan Marco Verratti akibat cedera. Daniele De Rossi dan Andrea Pirlo mengalami masalah kebugaran. Masalahnya posisi Claudio Marchisio, Marco Verratti dan Marco Parolo tidak tergantikan.

Itu mengharuskan Conte mencari empat atau lima pemain untuk mengisi kekosongan. Itu tidak bisa diserahkan pada pemain baru. Conte perlu memilih Riccardo Montolivo dan Thiago Motta. Motta dianggap pantas menghiasi lini tengah Italia lantaran tampil bagus bersama Paris Saint-German (PSG).

Tapi, jika memaksa, Conte bisa juga menjajal Jorginho. Personel Napoli berusia 24 tahun itu, bisa dijadikan alternatif jika tidak ada lagi gelandang yang mumpuni. Jorginho pantas masuk nominasi karena performanya cukup memuaskan di Liga Italia.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7601 seconds (0.1#10.140)