Grup B: Profil Timnas Rusia

Kamis, 31 Maret 2016 - 23:07 WIB
Grup B: Profil Timnas Rusia
Grup B: Profil Timnas Rusia
A A A
JAKARTA - Profil Timnas Rusia
Timnas: Rusia
Julukan: Sbornaja
Asosiasi: Russian Football Union (RFU)
Pelatih: Leonid Slutsky
Kapten: Roman Shirokov
Top skor: Alexander Kerzhakov (30 gol)
Stadion: Luzhniki Stadium, Lokomotiv Stadium, Petrovksy, Otkrytie Arena
Kode FIFA: RUS
Peringkat dunia:
Tertinggi: 3 (Agustus 2009)
Terendah: 34 (Juni 2005)
Saat ini: 23 (Maret 2016)

Jejak di Piala Eropa
Rusia adalah satu-satunya tim yang pernah juara Piala Eropa di Grup B. Pada tahun 1960 saat masih bernama Uni Soviet, Rusia pernah jadi raja sepak bola Eropa.

Lolosnya Rusia ke putaran final di Prancis, menandai keikutsertaannya di pesta sepak bola Eropa sebanyak 11 kali. Catatan itu terbilang mengesankan di mana mereka cuma kalah dari Jerman yang sudah tampil sebanyak 12 kali.

Di Piala Eropa 2016, Rusia jadi tim kuda hitam yang patut diperhitungkan. Dengan materi pemain kelas dua yang terkenal militan, Rusia diprediksi bisa melangkah dari babak penyisihan grup.

Pemain Bintang
Ada nama Artem Dzyuba yang saat ini sedang bersinar di Liga Primer Rusia. Striker berusia 28 tahun sudah mencetak 10 gol dari 21 pertandingan bersama Zenit St. Petersburg.

Di level timnas, pemain berpostur 194 cm ini sudah mencetak 10 gol. Hebatnya delapan gol dari jumlah tersebut ia lesakkan di babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Jelas Dzyuba bakal jadi pemain andalan untuk Rusia. Di Grup B sendiri, ia bakal jadi saingan yang tepat untuk Jamie Vardy dan Harry Kane bersaing menjebol gawang lawan.

Profil Pelatih
Semula Rusia diprediksi gagal melaju ke putaran final usai federasi dengan berani memecat Fabio Capello Agustus tahun lalu. Hal itu bisa dipahami mengingat Leonid Slutsky yang didapuk jadi caretaker Tim Beruang Merah belum punya prestasi mentereng sebagai pelatih di level internasional.

Meski bisa menyumbang enam gelar untuk CSKA Moskow, jadi pelatih tim nasional jelas pekerjaan berat Slutsky. Ia ditunjuk menangani Rusia yang kala itu hampir jadi juru kunci Grup G.

Namun Slutsky menunjukkan kapasitasnya. Ia membawa Rusia merebut empat kemenangan beruntun dan keluar sebagai runner up Grup G di bawah Austria. Rusia pun melenggang ke putaran final Piala Eropa 2016

Peluang di Piala Eropa 2016
Racikan strategi pelatih lokal membuat Rusia menjelma jadi kuida hitam berbahaya di babak kualifikasi. Sudah tentu mereka bakal jadi pengganggu utama Inggris dan Wales di Grup B.

Selain itu, faktor sejarah dan pengalaman melimpah tampil di turnamen internasional membuat Rusia punya nilai plus ketimbang lawannya. Peluangnya lolos ke babak knock out pun terbilang besar.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6220 seconds (0.1#10.140)
pixels