Lima Fakta Menarik Kemenangan Timnas Rusia atas Finlandia

Kamis, 17 Juni 2021 - 10:01 WIB
loading...
Lima Fakta Menarik Kemenangan Timnas Rusia atas Finlandia
Pemain Rusia, Georgi Dzhikiya, berduel dengan Joel Pohjanpalo (No. 20) dari Finlandia di Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Dmitri Lovetsky
A A A
SAINT PETERSBURG - Rusia memetik kemenangan perdana di Piala Eropa 2020 setelah membungkam Finlandia dengan skor tipis 1-0 di matchday kedua Grup B Piala Eropa 2020 . Setidaknya terdapat lima fakta menarik yang tersaji usai laga.

Menghadapi Finlandia di Stadion Saint Petersburg, Rabu (16/6/2021) malam WIB, Rusia menang berkat gol semata wayang Aleksey Miranchuk di menit ke-45(+2) alias menjelang turun minum. Gol itu lahir setelah Miranchuk menerima umpan Artem Dzyuba.



Meski cuma menang tipis 1-0, Rusia berhasil naik ke posisi dua klasemen sementara Grup B berbekal tiga poin dari dua pertandingan. Skuat asuhan Stanislav Cherchesov cuma kalah selisih gol dari Belgia yang baru melakoni satu laga.

Aleksei Miranchuk yang mencetak gol penentu kemenangan Timnas Rusia terpilih sebagai pemain terbaik (star of the match) dalam pertandingan tersebut. Di luar catatan itu, terdapat beberapa fakta menarik yang menarik untuk diketahui. Berikut ulasannya:

(1) Finlandia kini cuma mencetak satu gol dalam empat pertandingan melawan Rusia. Uniknya, gol yang lahir dari aksi Kim Suominen itu merobek gawang yang dikawal Stanislav Cherchesov yang sekarang menjabat sebagai pelatih Timnas Rusia.

(2) Setelah mencetak assist di laga ini, Artem Dzyuba kini terlibat dalam 22 gol dalam 21 penampilannya untuk Timnas Rusia di semua kompetisi. Rinciannya 14 gol dan 8 assist.

(3) Artem Dzyuba memenangkan duel area sebanyak 11 kali di pertandingan ini. Jumlah tersebut hanya kalah dari Patrice Evra yang memenangkan 17 duel area ketika Prancis bentrok Albania di Piala Eropa 2016.

(4) Rusia berhasil mencetak clean sheet (tak kebobolan) dalam event resmi UEFA pertama sejak 2008. Terakhir kali mereka clean sheet ketika mengalahkan Swedia dengan skor 2-0 sekitar 13 tahun lalu.

(5) Ini merupakan kali pertama Rusia unggul di babak pertama dalam pertandingan resmi UEFA sejak 2012. Terakhir kali mereka unggul di paruh pertama laga ketika bentrok Polandia di Piala Eropa 2012, tapi sayang pada laga itu Rusia mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 1-1.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)