Data dan Fakta Grand Prix Prancis

Sabtu, 07 Mei 2016 - 12:29 WIB
Data dan Fakta Grand Prix Prancis
Data dan Fakta Grand Prix Prancis
A A A
MAINE - Balapan seri kelima MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis, akhir pekan ini. Ada banyak data dan fakta yang belum diketahui penikmat ajang balap bergengsi roda dua.

Sirkuit Le Mans dikenal sebagai lintasan yang menakutkan bagi sebagian pembalap. Keangeran itu terjadi lantaran ada banyak kecelakaan yang terjadi di sirkuit yang memiliki panjang 4.273 km tersebut.

Selain kecelakaan, cuaca juga menjadi titik fokus pembalap pada balapan kali ini. Sebab kondisi cuaca di Sirkuit Le Mans terkadang tidak menentu (hujan dan angin kencang). Itulah yang membuat balapan seri kelima ini bakal berlangsung menarik.

Karena bukan hanya kemampuan joki kuda besi saja dalam berakselerasi. Tapi mereka juga harus mengatasi berbagai kendala yang terjadi terutama mengenai masalah ban Michelin. Pemasok ban MotoGP itu diketahui telah mengalokasikan tiga senyawa yakni lunak, menengah, dan keras.

Michelin juga dilaporkan sudah menyiapkan senyawa baru yang lebih lembut dalam pembuatan untuk mengatasi kondisi dingin. Mulai dari ban untuk hujan lembut dan keras akan tersedia dalam kondisi basah.

"Cuaca sering berubah-ubah di Le Mans (mendung, berangin, hujan, panas, dan cerah), sehingga Anda harus mempersiapkan segalanya," ungkap Nicolas Goubert selaku Wakil Direktur MotoGP, Sabtu (7/5/2016).

Berikut data dan fakta menarik jelang Grand Prix Prancis:

1.Sirkuit Le Mans bakal menggelar grand prix ke-27 kali di ajang balap roda dua paling bergengsi.
2.Legenda Giacomo Agostini merupakan pembalap pertama yang berhasil manaklukan GP Prancis pada 1969 di kelas 500cc sewaktu masih bergabung dengan tim MV Agusta.
3.Jean Aureal adalah pembalap pertama di kelas 125cc yang berhasil naik podium pertama di Grand Prix Prancis pada 1969.
4.Hanya ada lima pebalap Perancis yang pernah memenangkan balapan GP di Le Mans. Mereka adalah Jean Aureal di GP125 1969, Guy Bertin di GP125 1979, Patrick Fernandez di GP350 1979, Mike di Meglio di GP125 2008 dan Louis Rossi di Moto3 2012.
5.Sejauh ini Jorge Lorenzo merupakan pembalap yang paling rajin menempati podium pertama dengan lima kali. Dani Pedrosa dan Valentino Rossi tercatat hanya empat kali.
6.Valentino Rossi masih memegang rekor lap tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 32.879 detik.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)