Rio Haryanto Kenang Podiumnya di Monaco

Rabu, 25 Mei 2016 - 12:07 WIB
Rio Haryanto Kenang Podiumnya di Monaco
Rio Haryanto Kenang Podiumnya di Monaco
A A A
NICE - Rio Haryanto bakal kembali bertarung di kejuaraan dunia Formula 1 dalam Grand Prix Monaco, Minggu (29/5/2016). Pembalap Indonesia itu rupanya tak sabar menjalani debutnya dan sedikit bercerita soal keberhasilannya meraih podium di Sirkuit de Monaco, Monte Carlo.

Rio yang kariernya di ajang Formula 1 tengah terganggu masalah dana, kembali menghadapi Lewis Hamilton Cs di seri keenam musim 2016. Sejauh ini, Rio belum mendulang poin sama sekali setelah cuma tiga kali menyelesaikan balapan di peringkat bawah dan dua kali gagal finis.

Monaco jadi seri balap ketiga di daratan Eropa yang dirasakan Rio setelah sebelumnya bertarung di Rusia dan Spanyol. Sejatinya, Monaco bukan tempat yang asing untuk pembalap tim Manor Racing sebab pernah merasakan sensasi balapan di sana saat masih jadi pembalap GP2.

Rio bahkan punya prestasi apik di mana ia sukses naik podium Monaco di musim 2014. Ketika itu, Rio yang masih jadi pembalap GP2 di tim Caterham Racing, berhasil finis di posisi tiga dalam sesi sprint race.

Kini, Rio kembali ke sana dengan mobil yang jauh lebih canggih. Ia pun mengaku tak sabar bisa menjalani debut mengemudikan mobil F1 di Monaco. Rio mengatakan hal ini sama rasanya sewaktu menjalani debut di seri perdana Australia beberapa waktu lalu.

"Masuknya saya dalam Grand Prix pertama di Melbourne adalah perasaan yang sangat istimewa, tapi saya yakin persaingan di Grand Prix Monaco pertama nanti juga akan mirip rasanya," ucap Rio dikutip The Checkered Flag, Rabu (25/5/2016).

"Ini adalah pengalaman yang sangat unik. Saya tahu balapan di sini sejak GP2. Saya sudah merasakan podium Monaco setelah finis ketiga pada tahun 2014 dan suasana serta kesempatan itu sangat luar biasa," kenangnya.

"Meski kami punya ambisi yang sedikit lebih realistis akhir pekan ini, semua orang tahu balapan ini memberikan peluang seperti yang lainnya. Terutama jika hujan, yang diprediksi akan turun pada hari Minggu," jelasnya.

Rio menambahkan, Sirkuit Monaco membutuhkan fokus ekstra para pembalap. Sebab, kesalahan kecil bisa membuat Lewis Hamilton Cs mendapat ganjaran.

"Ini pengalaman yang luar biasa untuk pembalap. Lap terasa begitu cepat dilewati dalam sekejap, tapi pada saat yang sama anda juga terpikat saat menikung," katanya.

"Hal ini butuh sedikit fokus penuh anda sebab itu adalah trek yang tak kenal ampun. Dekatnya pembatas membuat satu kesalahan kecil bisa sangat mahal. Tetapi juga bisa sangat bermanfaat jika bisa melakukannya dengan benar," tutupnya.

Saat ini Rio sudah berada di Prancis untuk persiapan berlaga di Monaco. Rio langsung banjir dukungan dari Warga Negara Indonesia yang berada di Negeri Napoleon. (Baca Juga: Rio Haryanto Disambut Hangat WNI di Prancis, Ini Foto-Fotonya)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6780 seconds (0.1#10.140)