Preview Belgia vs Italia: Pentas Pemain Bintang Dunia

Senin, 13 Juni 2016 - 13:01 WIB
Preview Belgia vs Italia: Pentas Pemain Bintang Dunia
Preview Belgia vs Italia: Pentas Pemain Bintang Dunia
A A A
DECINES-CHARPIEU - Laga besar terjadi di babak penyisihan grup E Piala Eropa 2016. Dua tim yang difavoritkan juara, Belgia dan Italia akan bertarung di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Selasa (14/6/2016) dini hari WIB.

Saat ini Belgia menjelma jadi tim raksasa dunia. Dalam ranking FIFA, mereka bertengger di urutan kedua. Sementara Italia masih terpaku di posisi ke-12. Meski jaraknya cukup jauh, kekuatan Italia tak bisa dipandang remeh sebab mereka diperkuat pemain-pemain berpengalaman yakni Gianluigi Buffon, Leandro Bonucci, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Thiago Motta dan Daniele De Rossi.

Gli Azzurri lebih menakutkan sebab mereka dilatih oleh Antonio Conte. Mantan pelatih Juventus tersebut dianggap jenius dan di bawah komandonya Italia dijagokan juara pada Piala Eropa tahun ini.

Namun Conte dan pasukannya harus waspada. Sebab, Belgia memiliki dua pemain yang berkarier di ajang Serie A Italia. Tim asuhan Marc Wilmots tersebut diperkuat Radja Nainggolan (AS Roma) dan Dries Mertens (Napoli). Pengetahuan keduanya soal pemain-pemain Italia tentu akan sangat diandalkan Wilmots dalam meracik strategi.

"Kemenangan dalam laga ini bakal meningkatkan kepercayaan diri kami. Tapi jika kalah, kondisi kami sepertinya akan terguncang. Italia lawan yang paling bergengsi dan saya pikir mereka sangat berbahaya," ucap Wilmots yang dikutip dari situs UEFA.

Conte sudah menyadari ambisi sang lawan. Karenanya, ia menugaskan Chiellini Cs untuk tidak menganggap remeh Belgia yang punya rekor buruk dalam keikutsertaannya sepanjang sejarah Piala Eropa.

"Sepak bola Belgia sudah lebih bagus. Mereka telah bekerja dengan baik. Mereka kuat di mana-mana. Bagi saya, mereka tim yang besar baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang," tutur Conte.

Belgia sudah lama tak berprestasi di ajang empat tahunan ini. Pencapaian terbaik mereka terjadi pada 1980 lalu. Ketika itu Belgia merebut status runner up. Setelahnya mereka selalu terseok-seok. Belgia tidak lolos babak penyisihan grup pada Piala Eropa 1984 dan 2000. Bahkan Belgia tidak meraih tiket ke babak penyisihan grup karena gagal saat kualifikasi di Piala Eropa 1988, 1992, 1996, 2004, 2008 dan 2012.

Sedangkan Italia, mereka tidak pernah absen sejak Piala Eropa 1996. Gli Azzurri bahkan meraih status runner up pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Serunya laga ini tentu bisa disaksikan langsung di RCTI pukul 02.00 WIB.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:
Belgia (4-2-3-1):
Courtois; Alderweireld, Denayer, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan; Mertens, De Bruyne, Hazard; Lukaku.

Italia (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Giaccherini, Darmian; Immobile, Zaza.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9537 seconds (0.1#10.140)