Menang Tipis, Jerman Juara Grup C

Rabu, 22 Juni 2016 - 00:49 WIB
Menang Tipis, Jerman Juara Grup C
Menang Tipis, Jerman Juara Grup C
A A A
PARIS - Status juara Grup C di Piala Eropa 2016 sukses diamankan Jerman. Pada laga terakhir melawan Irlandia Utara di Parc des Princes, Rabu (22/6/2016), Der Panzer menang dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Jerman dicetak oleh Mario Gomez di menit 30. Itu merupakan gol pertamanya di Piala Eropa 2016, dan secara keseluruhan mantan pemain Bayern Muenchen itu sudah mengoleksi 29 gol dalam 40 penampilan terakhirnya bersama klub dan tim nasional Jerman di musim ini.

Gomez saat ini masuk dalam daftar pemain tersubur Jerman dengan mengoleksi empat gol. Pemain bernomor punggung 23 tersebut hanya membutuhkan dua gol lagi untuk menyalip torehan Juergen Klinsmann.
Menang Tipis, Jerman Juara Grup C

Beralih ke pertandingan, Irlandia tidak menampilkan permainan yang ngotot di laga terakhir penyisihan Grup C. Tim polesan Michael O'Neill lebih memilih bermain aman dengan menginstruksikan pemainnya untuk menjaga barisan pertahanan mereka sepanjang pertandingan babak pertama.

Jerman pun dengan leluasa meruntuhkan jantung pertahanan Irlandia, dan Gomez mampu membuka kran gol Der Panzer di menit 30. Gol tersebut tercipta berkat kecerdikan Thomas Mueller mengecoh dua barisan pertahanan dan kiper lawan, sebelum akhirnya memberikan umpan kepada pemain jangkung tersebut.

Kedudukan 1-0 bertahan hingga interval pertama usai. Memasuki babak kedua, Jerman tidak mengubah permainan menyerangnya. Keberadaan Mueller, Mesut Oezil, dan Mario Goetze sudah cukup membuat pertahanan lawan kerepotan. Sebab mereka berhasil menarik pemain bertahan lawan ke luar dari sarangnya.

Pada menit 52, Goetze nyaris menambah keunggulan Jerman jika saja sepakan kaki kanannya tidak menyamping ke kanan gawang Michael McGovern. Tiga menit kemudian dia ditarik keluar dan digantikan Andre Schuerrle.

Sami Khedira melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti. Sayang, bola tersebut masih mampu dimentahkan kiper dan bola liar itu juga gagal diselesaikan Gomez setelah sundulannya masih menyamping ke kiri gawang.

Terus berada di bawah tekanan membuat O'Neill melakukan perubahan dengan memasukkan Kyle Lafferty menggantikan Conor Washington. Namun perubahan yang dilakukan tidak berpengaruh pada permainan, sebab pertahanan mereka terus diteror Jerman.

Hingga 90 menit pertandingan berlangsung, tidak ada gol tambahan terjadi. Dengan demikian, Jerman berhak atas status juara Grup C setelah mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan terakhir. Sementara Irlandia masih mengharapkan keberuntungan, sebab mereka hanya mampu mengumpulkan tiga poin.

Susunan Pemain
Irlandia Utara (4-5-1)
Michael McGovern, Aaron Hughes, Gareth McAuley, Craig Cathcart, Jonny Evans, Steven Davis, Corry Evans (Niall McGinn 84), Stuart Dallas, Jamie Ward (Josh Magennis 70'), Oliver Norwood, Conor Washington (Kyle Lafferty 59')
Pelatih: Michael O'Neill

Jerman (4-2-3-1)
Manuel Neuer, Jonas Hector, Joshua Kimmich, Mats Hummels, Jerome Boateng (Benedikt Hoewedes 76'), Toni Kross, Sami Khedira (Bastian Schweinsteiger 69'), Thomas Mueller, Mesut Oezil, Mario Goetze (Andre Schuerrle, 55'), Mario Gomez
Pelatih: Joachim Loew
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9787 seconds (0.1#10.140)