Preview Kroasia vs Portugal: Pembuktian yang Sesungguhnya

Sabtu, 25 Juni 2016 - 12:10 WIB
Preview Kroasia vs Portugal: Pembuktian yang Sesungguhnya
Preview Kroasia vs Portugal: Pembuktian yang Sesungguhnya
A A A
LENS - Portugal lolos dari lubang jarum. Meski tidak pernah menang, tim asuhan Fernando Santos bisa memasuki babak 16 besar Piala Eropa.

Pada papan klasemen grup F, Portugal duduk di posisi ketiga. Mereka mengantongi tiga poin dan berada di bawah Islandia serta Hungaria. Dengan pencapaiannya tersebut, Portugal berhasil merebut satu tempat di fase 16 besar. Namun mereka tak bisa bernafas lega sebab Kroasia sudah menunggu di Stade Bollaert-Delelis. Bentrokan kedua tim akan ditayangkan langsung oleh RCTI pada Minggu (26/6/2016) pukul 02.00 dini hari WIB.

"Kami akan menghadapi tim yang dihuni pemain-pemain berbakat. Mereka memang tidak tampil memuaskan dalam babak penyisihan grup, namun Portugal sudah bermain dengan baik. Jika melihat ke belakang, mereka terlihat lebih dominan dan sering menciptakan peluang," kata pelatih Kroasia, Ante Cacic.

Sepanjang sejarah, kedua tim baru tiga kali bertemu. Dalam bentrokan terakhir 11 Juni 2016 lalu, Portugal menang lewat gol tunggal Cristiano Ronaldo. Pemain yang kerap disapa CR7 tersebut tentu kembali diandalkan dalam laga nanti. Ronaldo berada dalam kepercayaan diri tinggi sebab baru saja mencetak rekor sebagai pesepakbola pertama yang bisa mencetak gol dalam empat edisi Piala Eropa.

Meski demikian, Ronaldo tak mau besar kepala. Mantan pemain Manchester United itu tetap menghormati Kroasia yang tidak terkalahkan di babak penyisihan grup C.

"Kami bersua dengan tim yang sangat bagus. Tapi peluang kami 50:50," ucap Ronaldo dikutip NDTV, Jumat (24/6/2016). "Kroasia jelas tim yang tangguh, dengan pemain yang bagus. Tidak semua tim bisa mengalahkan Spanyol. Kami menghormati mereka, tapi kami tahu kekuatan kami dan kami siap berhadapan dengan mereka," tambahnya.

Jelang laga, Portugal tidak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhirnya. Di sisi lain, Kroasia mengantongi catatan yang lebih baik. Ivan Rakitic Cs tak pernah tumbang dalam 10 laga terakhir. Kemenangan terbesar diraih atas San Marino. Tampil di laga uji coba, Kroasia menang telak 10-0.

"Kroasia tim yang sangat berkualitas. Ini bakal menjadi pertandingan besar. Saya yakin kami bisa mengalahkan mereka," ucap Fernando Santos yang dikutip dari laman UEFA.

"Jangan berbicara statistik sebab ada dua tim kuat yang saling berhadapan. Ini bakal menjadi pertandingan yang berbeda dari sebelumnya," tegas Santos.

Dalam laga nanti, Portugal tak bisa memainkan Raphael Guerreiro yang sedang istirahat karena cedera. Hal serupa dialami Luka Modric dan juga Mario Mandzukic. Kedua pemain masih diragukan untuk tampil. Karena itu bukan tidak mungkin mereka bakal menyaksikan laga ini dari ruang perawatan medis.

Berikut prakiraan susunan pemain kedua tim:
Kroasia (4-2-3-1):
Subasic; Srna, Corluka, Schildenfeld, Vrsaljko; Kovacic, Badelj; Rakitic, Perisic, Brozovic; Kalinic.

Portugal (4-4-2):
Rui Patricio; Vieirinha, Pepe, Jose Fonte, Cedric Soares; Joao Mario, Moutinho, William Carvalho, Andre Gomes; Ronaldo, Nani.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6068 seconds (0.1#10.140)