Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman

Senin, 04 Juli 2016 - 11:02 WIB
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman
A A A
JAKARTA - Piala Eropa 2016 makin mendekati fase akhir. Empat tim terbaik bakal bertarung di semifinal yakni Portugal vs Wales serta Prancis vs Jerman.

Kemenangan Prancis atas Islandia, Senin (4/7/2016) dini hari WIB melengkapi slot empat besar. Tuan rumah akan gabung dengan Portugal yang menyingkirkan Polandia, Wales yang mendepak Belgia, serta Jerman yang menundukkan Italia sebelumnya.

Portugal vs Wales: Ronaldo vs Bale
Semifinal pertama pun akan pertemukan Portugal vs Wales di Stade de Lyon, Kamis (7/7/2016) nanti. Sorotan bakal tertuju pada dua sosok pemain yakni Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

Ronaldo dan Bale mesti melupakan status rekanan mereka di Real Madrid. Tugas negara mengharuskan keduanya bentrok berebut tiket final Piala Eropa 2016.

Ronaldo yang sudah mencetak dua gol sejauh ini, sukses membawa Portugal melaju ke semifinal. Meski hanya meraih satu kemenangan sepanjang perjalanannya, Selecao das Quinas mampu menjaga nasib baiknya hingga ke babak empat besar.
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman

Sementara Bale bisa dibilang benar-benar berperan dalam kesuksesan Wales mencetak sejarah. Ya, pemain termahal di dunia itu menyumbang tiga gol yang membawa The Dragons menggoreskan tinta emas dengan maju ke semifinal turnamen utama FIFA untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman

Hebatnya, Bale memimpin Wales yang notabenenya jadi tim debutan di Piala Eropa 2016. Langsung menggebrak di fase grup dengan memuncaki Grup B, Wales menyingkirkan Irlandia Utara dan Belgia di fase knock out. Kemenangan 3-1 Wales atas Belgia disebut-sebut sebagai penampilan terbaik tim besutan Chris Coleman.

Jelas, misi khusus bakal diemban Ronaldo dan Bale dalam pertandingan kali ini. Ronaldo jelas ingin membuktikan kapasitasnya sebagai pemain terbaik dunia, sekaligus membayar kekalahan menyakitkan di final Piala Eropa 2004. Sementara Bale bakal berusaha melanjutkan dongeng indah Wales ke partai puncak di Stade de France, 11 Juli mendatang.

Prancis vs Jerman: Soliditas Tuan Rumah vs Mental Juara Tim Panser
Di semifinal lainnya, tuan rumah bakal menantang Jerman di Stade Velodrome, Marseille, Jumat (8/7/2016) dini hari WIB. Dua raksasa tersebut sukses menunjukkan permainan sepak bola terbaik sepanjang turnamen.

Prancis yang didukung jutaan masyarakatnya sendiri, bermain gemilang sejak fase grup. Mereka jadi tim pertama yang lolos ke fase knock out usai merebut dua kemenangan atas Rumania dan Albania dan sekali ditahan imbang Swiss di Grup A.

Selanjutnya, mental juara dibuktikan Prancis di babak 16 besar ketika menghadapi Irlandia Utara. Sempat tertinggal lebih dulu, Prancis berbalik menang 2-1 berkat aksi strikernya Antoine Griezmann. Maju ke perempat final, pertunjukkan terbaik tim besutan Didier Deschamps menghentikan Islandia dengan skor telak 5-2, yang jadi kuda hitam sepanjang turnamen. Sekadar catatan, Prancis jadi satu-satunya tim yang tak merasakan drama adu penalti untuk meraih kemenangan di Piala Eropa 2016.
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman

Namun soliditas Prancis bakal diuji Jerman, yang merupakan juara Piala Dunia 2014. Tim Panser merebut tiket empat besar usai mendepak Italia, tim yang paling menjanjikan di gelaran Piala Eropa 2016.

Manuel Neuer cs mengalahkan Gli Azzurri lewat drama penalti hingga penendang kesembilan. Mental juara membuat kiprah Italia, yang sebelumnya mengalahkan tim kuat semacam Belgia, Swedia, dan Spanyol, berakhir di perempat final. Pencapaian itu juga membuat Jerman kerap meneruskan tradisi bisa melewati babak perempat final di turnamen resmi sejak 1972 jika bisa lolos fase grup.
Preview Semifinal Piala Eropa 2016: Portugal vs Wales, Prancis vs Jerman

Pertandingan Prancis vs Jerman sudah jelas akan menyuguhkan pertarungan ekstra-ketat dari dua kesebelasan dengan pemain, pelatih, taktik, dan mental bertanding terbaik. Terlebih, kedua tim merupakan langganan juara di mana Prancis punya dua gelar, sementara lawannya berstatus juara tiga kali (dua di antaranya masih berstatus Jerman Barat).
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3032 seconds (0.1#10.140)