Stoner Nilai Sirkuit Red Bull Ring Bisa Bikin Pembalap Tewas

Senin, 11 Juli 2016 - 23:36 WIB
Stoner Nilai Sirkuit Red Bull Ring Bisa Bikin Pembalap Tewas
Stoner Nilai Sirkuit Red Bull Ring Bisa Bikin Pembalap Tewas
A A A
BOLOGNA - Juara dunia MotoGP dua kali Casey Stoner menilai Sirkuit Red Bull Ring yang bakal menjalani debutnya dalam kalender balap Austria cukup berbahaya. Ada area yang disebut test rider Ducati itu cukup mengkhawatirkan.

Sirkuit Red Bull Ring akan jadi arena pacu baru untuk Valentino Rossi cs 14 Agustus mendatang. Ya, Austria akhirnya kembali menggelar balap motor setelah absen selama 19 tahun.

Sirkuit baru jelas jadi tantangan tersendiri untuk semua pembalap. Marc Marquez misalnya, ia menilai sirkuit sepanjang 4,326 km bakal sulit untuk dilewati. (Baca Juga: Marquez Akui Sirkuit Red Bull Ring Sulit untuk MotoGP)

Pendapat berbeda justru diutarakan Stoner. Pembalap asal Australia menilai beberapa area Sirkuit Red Bull cukup berbahaya. Bahkan ia berani menyatakan area run-off Red Bull Ring sama dengan Catalunya, lokasi yang menyebabkan tewasnya pembalap Moto2 Luis Salom, awal juni lalu.

"Saya khawatir dengan area run-off di Austria. Beberapa dari area tersebut cukup licin. Bisa dibayangkan apabila hujan turun. Pembalap yang terjatuh tidak akan melambat, tapi sebaliknya," ungkap Stoner kepada Motorsport, Senin (11/7/2016).

"Mereka mesti fokus pada masalah keselamatan sebab nyawa orang seperti benda pecah-belah Anda tidak bisa mengandalkan penampilan dengan area run-off seperti itu untuk pembalap. Aspal area run-off sangat bahaya, seperti yang menimpa Luis Salom di Montmelo (Catalunya). Bagi siapapun yang mengatakan area itu aman, bagi saya tidak," tutupnya.

Stoner sendiri akan menjajal Red Bull Ring beberapa waktu lagi untuk pengujian Ducati.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1195 seconds (0.1#10.140)