Laporan McLaren: Kasus Doping Rusia Disponsori Negara

Senin, 18 Juli 2016 - 21:50 WIB
Laporan McLaren: Kasus Doping Rusia Disponsori Negara
Laporan McLaren: Kasus Doping Rusia Disponsori Negara
A A A
MOSKOW - Pengacara asal Kanada, Richard McLaren yang ditugaskan oleh badan anti-doping (WADA) secara resmi membuka laporan yang ia susun terkait kasus doping Rusia. Laporan tersebut menyebut praktek doping atlet Rusia selama Olimpade Sochi 2014 disponsori negara.

"Hasil mengejutkan dari Investigasi Sochi adalah peran pemerintah dalam mengatur laboratorium anti-doping di Moskow, dan menutupi semua sampel urin milik atlet Rusia dari hampir semua cabang olahraga sebelum dan sesudah Olimpiade Sochi," demikian laporan McLaren dalam konferensi pers Senin (18/7/2016) WIB.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa sampel urin milik atlet Rusia telah ditukar untuk mengaburkan hasil tes. Praktek tersebut dilakukan secara terstruktur oleh pemerintah Rusia dengan melibatkan Satuan Pengamanan Federal (FSB), Pusat Persiapan Olahraga Rusia (CSP) dan Laboratorium di Moskow & Sochi.

Masih dari laporan yang sama, sampel urin yang positif akan diteruskan ke Deputi Menteri Olahraga Rusia, Yuri Nagornykh. McLaren menyebut sosok Nagornykh ini yang menentukan atlet mana saja yang dianggap memberikan benefit, akan dilindungi penuh oleh negara. (Baca juga: Kasus Doping Atlet Rusia Dibuat Film Dokumenter)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)