Soal Skandal Doping Rusia, IOC Salahkan WADA

Senin, 01 Agustus 2016 - 15:04 WIB
Soal Skandal Doping Rusia, IOC Salahkan WADA
Soal Skandal Doping Rusia, IOC Salahkan WADA
A A A
RIO DE JANEIRO - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyalahkan Badan Anti-Doping Dunia (WADA) atas skandal doping yang melanda Rusia. Bach menuding WADA tidak bertindak cepat dari awal hingga kasus memalukan di dunia olah raga begitu besar-besar terjadi di Negeri Beruang Merah.

Apa yang disampaikan Bach ini terbilang mengejutkan. Bahkan ia mendukung keputusan Rusia agar tidak mendapatkan sanksi untuk berlaga di Olimpiade 2016 yang tinggal lima hari lagi digelar.

"Ini adalah alasan yang sangat jelas. Sebab IOC tidak bertanggung jawab atas laporan yang dibuat McLaren," jelas Bach dilansir Reuters, Senin (1/8/2016).

Seperti diketahui McLaren adalah seorang pakar hukum yang ditugaskan WADA untuk menyelidiki kasus doping di Rusia. Hasil temuannya mengejutkan setelah diketahui jika skandal doping ikut di sponsori oleh negara.

Inilah yang jadi sasaran tembak Bach. Ia menilai WADA lamban bertindak mengingat kejadian tersebut sudah lama terjadi.

"IOC tidak bertanggung jawab informasi yang berbeda antara WADA dan hasil laboratorium. Mengapa semuanya tidak mereka telusuri," lanjut Bach.

Sementara mengenai dukungannya soal tidak perlu diberikan sanksi pada Rusia, Bach punya alasan sendiri. "Setiap orang berhak atas keadilan."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0666 seconds (0.1#10.140)