Manor Racing Permudah Rio Haryanto Kumpulkan Dana

Sabtu, 06 Agustus 2016 - 19:30 WIB
Manor Racing Permudah Rio Haryanto Kumpulkan Dana
Manor Racing Permudah Rio Haryanto Kumpulkan Dana
A A A
OXFORDSHIRE - Manor Racing menegaskan tidak akan memberi batas waktu untuk Rio Haryanto dalam perjuangkan nasibnya di pentas Formula 1 2016. Hal itu dinilai sesuai dengan tujuan awal tim yakni mempertahankan pembalap Indonesia selama satu musim penuh.

Rio sedang terancam terusir dari pentas F1 2016 akibat masalah finansial. Ia belum melunasi biaya kursi Manor sebesar 7,5 juta euro, dari total 15 juta euro yang mesti dibayar.

Sebelumnya Rio terancam terdepak setelah menjalani 11 seri balap, atau tepatnya setelah bersaing di Grand Prix Hungaria. Namun akhirnya, pembalap kelahiran Surakarta, 22 Januari 1993 itu bisa tetap bersaing dengan Lewis Hamilton dkk di seri balap Jerman, 31 Juli kemarin.

Selanjutnya, Rio bakal berusaha mencari dana guna tampil di seri balap Belgia, 28 Agustus mendatang. Meski saat ini sedang menjalani libur musim panas, Rio mengaku tetap sibuk guna mencari sponsor.

Manor Racing sendiri bukannya tak memikirkan nasib Rio. Kepala Tim Dave Ryan mengatakan kepada Motorsport.com, Sabtu (6/8/2016), timnya akan mempermudah Rio dengan tidak membebankan batas waktu pengumpulan dana.

"Seperti yang saya sudah katakan berkali-kali, tujuan awal adalah mempertahankan Rio berada di tim sepanjang musim. Itulah yang membuat semua orang bekerja dan itulah hal ayng kami inginkan. Tetapi, anda harus punya dukungan dalam kasus ini sehingga tidak mengubah cerita pada akhirnya," tutur Ryan.

"Jelas ada sekelompok orang yang melihat pilihan tersebut, tapi mudah-mudahan kami tidak membutuhkan mereka. Tidak akan ada batas waktu yang sesungguhnya (untuk Rio kumpulkan dana)," imbuhnya.

"Mungkin ada poin yang jelas, tapi semakin lama kami memberikan kesempatan pada Rio dan timnya mengumpulkan uang, akan lebih baik yang mereka dapatkan," tutupnya.

Soal pengganti Rio, sambung Ryan, ia membantah Manor Racing telah mempersiapkannya. Satu hal yang dikatakannya, Pascal dan Rio sudah menyelesaikan kinerja dengan baik di paruh pertama musim.

"Kami punya poin itu dan jelas kami akan melakukan yang terbaik. Kami bisa lebih cepat dari Sauber," tambahnya.

"Segala sesuatu memang bisa berubah dalam balapan selanjutnya, tapi Pascal sudah melakukan pekerjaan dengan hebat. Begitupun Rio, yang tengah berjuang, juga sudah bekerja dengan baik. Jadi kami cuma menatap ke depan," pungkasnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3807 seconds (0.1#10.140)