Hari Raya Idul Adha, Kirab Api PON XIX Libur Dua Hari

Senin, 05 September 2016 - 14:22 WIB
Hari Raya Idul Adha, Kirab Api PON XIX Libur Dua Hari
Hari Raya Idul Adha, Kirab Api PON XIX Libur Dua Hari
A A A
BANDUNG - Sebagai bentuk penghormatan perayaan hari besar agama Islam, yaitu Idul Adha, maka kirab Api PON XIX dan Peparnas XV 2016 akan diliburkan selama dua hari, pada 11-12 September 2016. Itu sebagaimana disampaikan Kapendam Kodam III Siliwangi Letkol Arh. Desy Aryanto.

Kegiatan kirab Api PON dimulai hari ini dari Indramayu dan pelepasan tersebut dibuka secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani. Sejatinya kirab Api PON ini akan berlangsung pada 17 September dengan berakhir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) atau tepat pada acara pembukaan PON XIX 2016.

Menurut keterangan Aryanto, Api PON akan dibawa keliling kabupaten/kota di Jawa Barat, dan memakan waktu perjalanan selama 12 hari dengan menempuh jarak sejauh 1005,6 KM. Adapun dengan perayaan Idul Adha, Aryanto menambahkan perjalanan obor Api PON akan diliburkan selama dua hari.

"Untuk perayaan Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah, perjalanan obor kirab api akan diliburkan selama dua hari, tanggal 11-12 September 2016. Api PON saat berada di Kota Bekasi disemayamkan di Pendopo Wali Kota Bekasi," kata Aryanto seperti dikutip dari situs resmi PON XIX 2016 Jabar, Senin (5/9/2016).

Di samping itu, Aryanto mengatakan, para atlet legendaris Jawa Barat yang menjadi pembawa Api PON akan mengelilingi 27 kabupaten/kota. Mereka didampingi oleh prajurit Satpur, Satbanpur wilayah Kodam III Siliwangi yang ditugaskan untuk mengawal api PON.

"Saat ini, mereka berlari menuju arah Kabupaten Cirebon dengan rute arak-arakan dari alun-alun Indramayu menuju Cirebon melalui Jalan Soekarno-Hatta, pertigaan Majakerta-Karangampel sampai ke perbatasan Indramayu-Cirebon di Kecamatan Kapetakan, akan dilanjutkan ke arah Kota Cirebon. Selanjutnya ke 27 kota/ kabupaten," tutup Aryanto.

Baca juga:
Kirab Api PON XIX Jabar Tempuh Jarak 1005,6 KM
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)