Djokovic atau Murray? Status Petenis Nomor 1 Dunia Diperebutkan Pekan Ini

Rabu, 02 November 2016 - 12:53 WIB
Djokovic atau Murray?...
Djokovic atau Murray? Status Petenis Nomor 1 Dunia Diperebutkan Pekan Ini
A A A
PARIS - Lima bulan lalu, Novak Djokovic menginjak Kota Paris sebagai penguasa tenis dunia setelah menangkan Grand Slam Prancis Terbuka 2016. Pekan ini, petenis Serbia datang lagi ke Negeri Eiffel untuk bertarung di turnamen Masters, tapi dengan kekhawatiran peringkatnya bakal dikudeta Andy Murray.

Djokovic dan Murray bakal berjibaku di Paris Masters yang berlangsung di Palais omnisports de Paris-Bercy, Paris, 29 Oktober-6 November mendatang. Keduanya tengah jadi sorotan mengingat persaingan jadi petenis nomor satu dunia akan ditentukan di turnamen ATP 1000 poin tersebut.

Ya, Djokovic yang sempat memimpin 8000 poin lebih dari Murray sejak menangkan Coupe des Mousquetaires, trofi Prancis Terbuka 2016, perlahan tapi pasti mulai terkejar sang rival. Penyebabnya adalah penampilan buruk petenis berusia 29 tahun di paruh kedua musim ini.

Sejak jadi juara di Roland Garros, hanya satu gelar yang dimenangi Djokovic dari lima turnamen yang diikutinya. Ia juara di Kanada Terbuka, namun gagal di Wimbledon, Olimpiade, AS Terbuka, dan terakhir Shanghai Masters.

Penampilan anjlok Djokovic tidak seturut dengan Murray. Petenis Inggris malah tampil menggila sejak dikalahkan sang rival di final Prancis Terbuka. Ada delapan turnamen yang diikutinya, dan secara mengejutkan bisa membawa pulang enam trofi.

Walhasil, keduanya bertemu di Paris Masters 2016 dengan selisih poin yang tinggal 415 angka. Djokovic mengoleksi poin 10.600, sementara Murray kini punya poin 10,185.
Djokovic atau Murray? Status Petenis Nomor 1 Dunia Diperebutkan Pekan Ini

Nah, rangking pertama dunia pun akan direbutkan pekan ini oleh keduanya. Djokovic dalam posisi tertekan mengingat Ia punya syarat untuk bisa mempertahankan predikatnya.

Djokovic bisa mempertahankan peringkat satu dunia dengan prestasi minimal lolos ke semifinal Paris Masters. Andai gagal lolos ke empat besar, sudah tentu sang rival berkesempatan besar merebut rangkingnya.

Tapi untuk menggeser Djokovic, Murray harus lolos ke final ketika sang rival tersingkir sebelum semifinal. Jika juara di Paris Masters dengan mengalahkan lawan selain Djokovic, poin rangking ATP Murray jadi 11,185 dan jadi yang tertinggi di dunia.

Murray yang tengah on fire, diprediksi bakal bermain apik untuk bisa menyandang predikat petenis nomor satu dunia untuk pertama kalinya. Sejak kalah di Prancis Terbuka, anak asuh Ivan Lendl punya rekor bertanding 41-3, sama dengan statistik Djokovic di paruh pertama musim.
Djokovic atau Murray? Status Petenis Nomor 1 Dunia Diperebutkan Pekan Ini

Sedangkan Djokovic nyaris tak menemui jawaban atas masalahnya. Sebagai gantinya, Djokovic mendatangi guru spiritual asal Spanyol, Pepe Imaz.

Metode tersebut cukup jadi pembahasan mengingat Djokovic tak pernah mencatat hasil minor di Paris Masters. Ya, dalam tiga musim terakhir, trofi juara selalu berhasil digenggamnya.
Djokovic atau Murray? Status Petenis Nomor 1 Dunia Diperebutkan Pekan Ini

Namun kondisi tahun ini jelas berbeda. Kali ini, ia sedang terancam digerus Murray yang siap mengambil alih peringkat pertama dunia.

Ada pun Djokovic bakal memulai peruntungannya dengan melawan Gilles Muller di babak kedua, sementara Murray akan melawan Fernando Verdasco, Kamis (3/11/2016).
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8992 seconds (0.1#10.140)