Bayern Muenchen Keok, Dortmund Sukses Balas Dendam

Minggu, 20 November 2016 - 03:10 WIB
Bayern Muenchen Keok, Dortmund Sukses Balas Dendam
Bayern Muenchen Keok, Dortmund Sukses Balas Dendam
A A A
DORTMUND - Duel klasik Bundesliga Jerman atau biasa disebut der klassiker jilid pertama musim 2016/2017 jadi milik Borussia Dortmund. Tim asuhan Thomas Tuchel berhasil memberikan kekalahan ke musuh bebuyutannya, Bayern Muenchen.

Pertandingan langsung berjalan menegangkan sejak peluit pertama dibunyikan. Tensi panas makin menjadi sebab ada beberapa pemain yang pernah berkostum Dortmund ataupun Bayern Muenchen.

Di kubu Dortmund, ada Mario Goetze yang musim lalu terdepak dari skuat FC Hollywood. Sebaliknya, Mats Hummels dan Robert Lewandowski yang jadi andalan Muenchen pernah bermain di kubu Die Borussen. Otomatis, keberadaan keduanya di Stadion Signal-Iduna-Park, Sabtu (19/11/2016) jadi bulan-bulanan pendukung Dortmund yang terkenal sangat fanatik.

Dengan modal dukungan penuh publik sendiri, Dortmund berhasil unggul di menit ke-11. Berawal dari situasi sepak pojok, bola kemudian jatuh dalam penguasaan pemain-pemain Dortmund. Sampai pada akhirnya, Goetze mengirim umpan ke depan mulut gawang yang langsung disambut oleh Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain-pemain Muenchen sempat protes sebab Aubameyang dianggap sudah terjebak offisde. Namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut sebab sang pencetak gol masih bediri beberapa centimeter di belakang Mats Hummels.

Muenchen coba bangkit dan mengejar ketertinggalan. Permainan cepat Franck Ribery dan Thomas Mueller di sisi lapangan sangat merepotkan lini pertahanan Dortmund. Tapi sejumlah peluang gagal dimanfaatkan menjadi gol. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Muenchen langsung menggebrak. Hasilnya, Robert Lewandowski hampir menyamakan kedudukan di menit 47. Namun striker Muenchen tersebut masih kurang beruntung pasalnya bola dapat ditangkap Roman Burki sebelum melewati garis gawang.

Si kulit bundar baru masuk ke gawang Dortmund saat laga berjalan 55 menit. Tapi gol tersebut dianulir wasit sebab Ribery sudah terperangkap dalam posisi offside.

Muenchen menambah daya gedor di menit 58. Carlo Ancelotti selaku pelatih tim menarik keluar Joshua Kimmich dan menggantinya dengan Douglas Costa. Terlihat strategi 4-3-3 berubah jadi 4-2-3-1. Ancelotti mengurangi stok gelandangnya agar serangan Muenchen lebih bervariasi.

Keputusan itu terbukti jitu sebab di menit 61 gawang Dortmund mendapat ancaman serius. Sayangnya kali ini giliran tiang gawang yang menggagalkan peluang tim tamu. Bola sudah di luar jangkauan Burki, tapi Dortmund masih juga terselamatkan.

Dortmund sempat balas mengancam di menit 71. Namun bola yang disepak Aubameyang masih bisa ditepis Manuel Neuer.

Segala usaha terus dilakukan skuat Muenchen untuk mengejar ketertinggalan. Tapi pada akhirnya mereka tetap dipaksa menelan kekalahan pertamanya di Bundesliga musim ini.

Dengan kemenangannya tersebut, Dortmund sukses menuntaskan dendam. Pada final DFB Pokal dan Piala Super Jerman beberapa bulan lalu, mereka kalah dari Manuel Neuer Cs. Berkat hasil ini pula Dortmund melesat ke peringkat tiga klasemen. Mereka memiliki 21 poin, selisih tiga angka dengan Muenchen yang menghuni posisi dua.

Susunan pemain
Borussia Dortmund:
Burki; Papastathopoulos, Bartra, Ginter; Schmelzer (Pulisic 88'), Weigl, Piszczek, Goetze (Castro 77'), Schuerrle (Durm 68'); Ramos, Aubameyang

Bayern Muenchen:
Neuer; Lahm (Rafinha 68'), Boateng, Hummels, Alaba; Thiago, Xabi Alonso (Renato Sanches 74'), Kimmich (Douglas Costa 58'); Ribery, Mueller, Lewandowski
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3017 seconds (0.1#10.140)
pixels