Hati-hati Gunakan Dana Asian Games

Senin, 05 Desember 2016 - 10:28 WIB
Hati-hati Gunakan Dana Asian Games
Hati-hati Gunakan Dana Asian Games
A A A
JAKARTA - Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menanggapi penetapan tersangka Sekjen Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Doddy Iswandi. Pria berkacamata itu awalnya terkejut dan prihatin mendengar kabar dari sejumlah media. Pasalnya, pihaknya belum mendapat tembusan tertulis dari polisi maupun KOI.

"Says baru dengar kabar isunya tetapi belum dapat tembusan secara tertulis baik dari Polisi maupun KOI. Tentu saja Kemenpora terkejut dan cukup prihatin dengan kabar tersebut, karena suka tidak suka secara psikologis tentu berpengaruh pada kondisi Pak Doddy dalam bekerja sebagai Sekjen KOI," ujar Gatot, dalam keterangan yang diterima wartawan, Senin (5/12/2016).

Polda Metro Jaya menetapkan Doddy sebagai tersangka atas dugaan menyelewengan dana sosialisasi Asian Games 2018. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, diduga terlibat dalam tindak pidana pencucian uang berkaitan dengan Carnaval Road to Asian Games 2018 di Surabaya.

Argo menambahkan, surat panggilan untuk pemeriksaan sebagai tersangka sudah dikirimkan. Diharapkan hari ini yang bersangkutan bisa datang memenuhi panggilan. (Baca juga: Sekjen KOI Jadi Tersangka Dugaan Penyelewengan Dana Sosialisasi Asian Games 2018)
http://metro.sindonews.com/read/1160408/170/sekjen-koi-jadi-tersangka-dugaan-penyelewengan-dana-sosialisasi-asian-games-2018-1480850438

Kemenpora sendiri akan menghormati proses hukum, dan berharap agar kinerja INASGOC tidak terpengaruh kejadian tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai pelajaran berharga untuk semua pihak supaya berhati-hati dalam penggunaan anggaran Asian Games.

"Selain itu perlu diketahui, bahwa Pak Doddy sudah tidak jadi Sekjen INASGOC sejak Juni 2016, karena jabatannya diganti oleh Bu Sylvia sebagai Sekjen INASGOC, meski kemudian saat Bu Sylvia ikut maju di Pilkada DKI, maka jabatan Sekjen INASGOC dijabat oleh Pak Harry Warganegara sebagai Plt Sekjen INASGOC. Sehingga tidak berpengaruh pada kinerja INASGOC. Tetapi Pak Doddy tetep sebagai Sekjen KOI," tambah Gatot.

"Kemudian terkait dengan pendanaan untuk INASGOC, untuk tahun 2017 masih ada yang disalurkan via Kemenpora. Sedangkan sebagian besar lainnya akan disalurkan langsung dari Kemenkeu ke INASGOC dengan KPA tersendiri setelah nanti adanya dasar hukum Kepres yang mengatur penyaluran dana tersebut pada INASGOC.

Terhadap kemungkinan respon Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council Asia (OCA), Gatot mengatakan akan dijelaskan oleh INASGOC dan Kemenpora. "Bahwa INASGOC tetap go on kinerjanya karena tidak terkait lamgsung untuk kinerja saat ini," tutup Gatot.

Menurut laporan, Wakil Ketua Umum KOI, Muddai Madang rencananya akan memberikan pernyataan terkait penetapan tersangka Doddy Iswandi. Konferensi pers tersebut akan berlangsung di Gedung KOI, siang nanti.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5700 seconds (0.1#10.140)