Barreda Kena Penalti, Sunderland Pimpin Kategori Motor Reli Dakar 2017

Minggu, 08 Januari 2017 - 15:18 WIB
Barreda Kena Penalti, Sunderland Pimpin Kategori Motor Reli Dakar 2017
Barreda Kena Penalti, Sunderland Pimpin Kategori Motor Reli Dakar 2017
A A A
ORURO - Sam Sunderland memimpin klasemen sementara kategori motor Reli Dakar 2017, usai memenangi etape 5 pada Jumat (6/1) kemarin. Seperti dilaporkan Motorsport, etape 5 terdiri dari rute Tupiza ke Oruro dengan Special Stage (SS/tahapan khusus) sepanjang 447 km dan total 692 km. Akan tetapi, cuaca buruk membuat reli dihentikan setelah berjalan 219 km.

Usai dikenai penalti satu jam karena mengisi ulang bahan bakar di zona terlarang, Joan Barreda tampak bakal memangkas selisih waktu. Namun, pembalap Spanyol itu melakukan kesalahan setelah waypoint kedua.

Kesalahan Barreda rupanya diikuti oleh sejumlah penantang utama, termasuk Pablo Quintanilla dan Stefan Svitko. Satu pembalap yang berhasil menghindari jebakan adalah Matthias Walkner, pemenang etape 4. Kendati demikian, dia juga lalu melakukan kesalahan.

Tak pelak, situasi itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh Sunderland – rekan setim Walkner di KTM – untuk memenangi etape 5. Pembalap Inggris itu unggul 7 menit 19 detik atas Adrian van Beveren (Yamaha).

Sunderland kini memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 11 menit 50 detik atas Quintanilla (Husqvarna), yang finis ketujuh. Sedangkan, Van Beveren naik ke peringkat ketiga.

Sementara itu, Walkner tergelincir turun di posisi kelima, di belakang Gerard Farres (KTM). Svitko juga turun di posisi ketujuh, di belakang Xavier de Soultrait (Yamaha). Barreda, usai penalti waktu satu jam ditambahkan, total kehilangan waktu 42 menit dari Sunderland. Dia kini berada di peringkat ke-12, terpaut 1 jam 17 menit.
Klasemen kategori motor Reli Dakar 2017 hingga etape 5. (Foto-Motorsport)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5277 seconds (0.1#10.140)