Loeb Menang Etape 5, Peterhansel Teratas di Reli Dakar 2017

Minggu, 08 Januari 2017 - 16:00 WIB
Loeb Menang Etape 5, Peterhansel Teratas di Reli Dakar 2017
Loeb Menang Etape 5, Peterhansel Teratas di Reli Dakar 2017
A A A
ORURO - Sebastien Loeb berhasil memenangi etape 5 Reli Dakar 2017, Jumat (6/1). Sementara rekan setimnya di Peugeot, Stephane Peterhansel, mengambil alih puncak klasemen sementara kategori mobil.

Seperti dilaporkan Motorsport, meski catatan waktunya dipotong hampir setengah, baik Peterhansel dan Loeb mampu memaksimalkan untuk menyalip pembalap ketiga Peugeot, Cyril Despres, di klasemen sementara.

Stage 5 terdiri dari rute Tupiza ke Oruro dengan Special Stage (SS/tahapan khusus) sepanjang 447 km dan total 692 km. Namun, cuaca buruk memaksa pihak penyelenggara untuk memindahkan garis finis ke zona netral.

Setelah kehilangan status pemuncak klasemen karena masalah mesin pada etape 4, Loeb tampil solid dan memimpin di setiap waypoint hingga garis finis.

Pembalap Perancis itu bahkan unggul enam menit atas rival terdekat, Nani Roma (Toyota). Tapi kesalahan navigasi membuat Roma finis dengan selisih tipis 44 detik dari Loeb.

Peterhansel, yang kehilangan jejak pada awal waypoint, akhirnya mampu finis ketiga dengan selisih satu setengah menit di belakang Loeb. Hasil ini mengantarkannya memimpin klasemen dan mengungguli Loeb.

Despres yang membuka jalan lebih dulu, usai kemenangan di etape 4, justru kehilangan waktu lebih dari 10 menit di waypoint ketiga dan terpaut jarak jauh dari waypoint keempat. Kendati demikian, Despres membawa kontingen Peugeot mendominasi tiga besar klasemen sementara.

Mikko Hirvonen (X-Raid Mini), yang melakukan kesalahan navigasi dan kehilangan waktu lebih dari setengah jam, berada di peringkat kelima dengan selisih 42 menit. Sedangkan, Giniel de Villiers (Toyota) juga mengalami masalah navigasi dan turun di peringkat kedelapan. Dia satu jam lebih lambat dari Peterhansel. Adapun pada tahapan sebelumnya, Carlos Sainz mundur dari Reli Dakar 2017, dia mengikuti jejak Nasser Al-Attiyah di etape sehari sebelumnya.
Klasemen kategori mobil Reli Dakar 2017 hingga etape 5. (Foto-Motorsport)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8027 seconds (0.1#10.140)
pixels