Gerutu Si Manusia Tercepat Usai Medali Emasnya Dicopot

Sabtu, 28 Januari 2017 - 18:50 WIB
Gerutu Si Manusia Tercepat Usai Medali Emasnya Dicopot
Gerutu Si Manusia Tercepat Usai Medali Emasnya Dicopot
A A A
LAUSANNE - Usain Bolt mengembalikan satu medali emas dari ajang Olimpiade 2008 setelah rekan setimnya di nomor estafet, Nesta Carter, tersangkut doping. Bolt yang disematkan predikat manusia tercepat di muka bumi langsung meluapkan kekecewaannya.

Koleksi medali emas Olimpiade milik Bolt yang berjumlah sembilan, mesti berkurang lantaran satu nomor yang diikutinya bermasalah. Ketika tampil di nomor estafet atau 4x100 m Olimpiade Beijing 2008, salah satu rekannya terbukti menggunakan doping.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengusut kasus tersebut, akhirnya menyatakan Carter terbukti menggunakan methylhexaneamine pada Kamis (25/1/2017). Walhasil, medali emas yang didapat mesti diserahkan kembali ke panitia. (Baca Juga: Medali Emas Usain Bolt Terancam Dicopot)

Bolt yang merasa dirugikan, mengaku tidak senang dengan kejadian ini. Tapi, sprinter Jamaika itu juga enggan menyalahkan Carter dengan mengatakan hal ini cuma bagian dari hidup.

"Saya tidak senang ini, tidak ada orang yang akan senang setelah bertahun-tahun mesti kehilanga medali. Memang ini cuma satu hal, tapi apa yang bisa saya katakan?" keluh Bolt seperti dikutip ESPN, Sabtu (28/1/2017).

"Saya tidak lihat Nesta sekarang, tapi saya harap dia tidak terlalu menyalahkan diri sendiri. Ini cuma hal yang kerap terjadi dalam hidup. Jadi mari tunggu dan lihat apa yang terjadi selanjutnya,"

Saat disinggung apakah kasus ini akan berpengaruh pada statusnya, Bolt mengatakan tidak. Meski rekornya menyapu bersih tiga nomor lari Olimpiade tercoreng, prestasinya dalam beberapa tahun terakhir akan membuat publik mengerti.

"Saya kira kehilangan satu medali emas bukanlah masalah. Saya sudah menyelesaikan kejuaraan individu dan saya sudah menang tiga kali di Olimpiade," tutupnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3912 seconds (0.1#10.140)