Asian Games 2018 Bisa Jadi Penggerak Perekonomian Rakyat

Selasa, 21 Maret 2017 - 14:29 WIB
Asian Games 2018 Bisa Jadi Penggerak Perekonomian Rakyat
Asian Games 2018 Bisa Jadi Penggerak Perekonomian Rakyat
A A A
JAKARTA - Tak bisa dipungkiri perhelatan Asian Games 2018 menjadi berkah buat tuan rumah penyelenggara. Apalagi jika penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu digelar di daerah, misalnya Palembang disamping Jakarta.

Tak heran jika banyak yang kalangan yang menghendaki agar Palembang diberikan kesempatan lebih besar untuk menjadi tuan rumah. Selain untuk menggerakan perekonomian di daerah, soal sarana dan prasarana pertandingan pun Palembang lebih siap.

Anggota Komisi Olahraga DPR RI, Dadang Rusdiana mengakui, dengan terpilihnya Palembang, sebagai salah satu kota penyelenggara Asian Games 2018, akan semakin membuat hidup transaksi ekonomi di daerah tersebut. "Intinya bahwa sebuah event olahraga tentu banyak dikunjungi orang. Selain atlet, ofisial, penonton dari negara lain, termasuk masyarakat dalam negeri. Olahraga kan tontonan menarik," papar Dadang.

Dijelaskan Dadang, dari kunjungan orang banyak itulah akan tercipta sebuah transaksi ekonomi pada penyelenggaraan event olaharaga terbesar se-Asia tersebut. "Hal baiknya dalam jangka panjang tentu orang semakin mengenal Indonesia (Sumsel) dengan baik, termasuk destinasi wisata maupun belanja," papar Dadang.

Penyelenggaran Asian Games ini sendiri, lanjut Dadang, juga dapat menjadi bagian promosi Sumsel kepada dunia. Sebab, bagaimanapun juga olahraga dan promosi wisata termasuk sesuatu yang sinergis.

"Tinggal bagaimana pemda bisa menjadi penyelenggara yang baik sekaligus bisa mempromosikan potensi wisatanya," tutur dia.

Selain itu, Dadang pun percaya dengan pengalaman yang di punya Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games, mereka juga mampu menyelenggarakan cabang olaharaga lebih banyak dari yang diberikan pemerintah saat ini.

"Makanya tidak masalah mau berapa pun cabor yang menjadi bagian Palembang, Asalkan semuanya tentu didasarkan pada venue menurut standar yang telah ditetapkan," pungkas Politikus Hanura tersebut.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7109 seconds (0.1#10.140)