Aturan 5 Pergantian Pemain di Liga 1 Dapat Respon Positif dari FIFA

Jum'at, 14 April 2017 - 10:51 WIB
Aturan 5 Pergantian Pemain di Liga 1 Dapat Respon Positif dari FIFA
Aturan 5 Pergantian Pemain di Liga 1 Dapat Respon Positif dari FIFA
A A A
JAKARTA - Keinginan PSSI menerapkan aturan baru di Liga 1 2017 mendapat lampu hijau dari FIFA selaku federasi sepak bola dunia. Dalam hal ini, PSSI ingin agar tiap menurunkan tiga pemain U-23 dalam starting XI. Selain itu seluruh kontestan juga diperbolehkan mengganti pemainnya sebanyak lima kali.

Peraturan ini awalnya dikritik karena tidak diterapkan oleh liga-liga lainnya. Tapi PSSI tetap bersikeras dan meminta persetujuan pada FIFA. Lewat surat balasan yang dikirim 12 April 2017 lalu, PSSI akhirnya mendapat respon positif mengenai rencana ini.

"Kami sangat menghargai PSSI menghubungi FIFA terkait adanya inisiatif khusus dalam mengembangkan usia muda sebagaimana yang PSSI uraikan dalam email. Kami telah mempertimbangkan proposal tersebut dengan berdasarkan bahwa semua klub peserta liga 1 untuk (dapat) memainkan minimal 3 pemain U-23 selama minimal 45 menit per pertandingan," tulis FIFA.

"Kami juga tertarik mengetahui pandangan PSSI bagaimana pemain pengganti tambahan dijalankan, dan rencana skenario dalam hal ini, katakanlah cedera dan pengusiran. FIFA berharap dapat memberikan dukungan sepenuhnya dalam hal promosi usia muda dan akan menyediakan pendapat ahli apabila PSSI inginkan," beber FIFA.

Menanggapi hal tersebut, Edy Rahmayadi selaku Ketua Umum PSSI menyatakan bahwa pihaknya akan konsisten membangun komunikasi dengan FIFA. Ia berharap FIFA selalu mengetahui kinerja PSSI dalam mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Atas surat FIFA ini, PSSI akan membangun komunikasi intens dengan FIFA, memberikan penjelasan detail konsep percepatan pengembangan sepak bola di Indonesia, khususnya inplementasi U-23 di kompetisi Liga 1," jelasnya.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7070 seconds (0.1#10.140)