Pembukaan Gala Desa Dihadiri 10 Ribu Peserta

Sabtu, 13 Mei 2017 - 20:14 WIB
Pembukaan Gala Desa Dihadiri 10 Ribu Peserta
Pembukaan Gala Desa Dihadiri 10 Ribu Peserta
A A A
BULUKUMBA - Tidak salah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mencanangkan program Gala Desa. Pasalnya, program tersebut mengundang antusiasme masyarakat dalam berolahraga.

Seperti yang terlihat di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Maklum saja, Kota Bulukumba jadi kota untuk menandai digelarnya program kementerian yang dipimpin Imam Nahrawi.

Sebelum kick off dilakukan, panitia Gala Desa untuk wilayah Sulawesi Selatan menggelar gladi bersih di lapangan Pemuda Bulukumba yang berada di depan Kantor Bupati Bulukumba Jl. Pemuda, Sabtu (13/5). Tampak ratusan kalangan anak muda memenuhi lapangan.

Sebagian mensimulasikan tari-tarian dengan diiringi musik tradisional. Selain itu, papan bertuliskan nama masing-masing kecamatan tertancap rapih di lapangan. "Ini gladi bersih untuk kick off Gala Desa besok. Bisa kita lihat, betapa antusiasnya warga di sini menyambut Gala Desa," ungkap Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Amar Ahmad di sela-sela gladi bersih.

Lebih lanjut Amar mengungkapkan, Gala Desa digelar di sejumlah wilayah di Indonesia. "Ya, ada 136 titik kabupaten/kota di 34 provinsi, " tandas Amar.

Adapun untuk gelaran Gala Desa di Sulsel, kata Amar, akan dihelat di tujuh kabupaten dan kota. "Selain di Bulukumba, juga digelar di Bantaeng, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, dan Pinrang," katanya.

Sementara itu, Arifin Majid, Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora menambahkan, kick off Gala Desa di Bulukumba akan dilakukan langsung Menpora Imam Nahrawi. Karenanya, lanjut Arifin, akan dibuatkan acara khusus penyambutan terhadap Menpora.

"Acara penyambutan Pak Menteri besok, menggunakan tarian tradisional. Yaitu, tarian Ganrang Bulo," ungkap Arifin.

Selain tarian penyambutan (Ganrang Bulo), ada beberapa tarian tradisional yang akan ditampilkan yakni, tarian Mappatabe Ri Wanua. Yang diartikan sebagai permohonan kepada penguasa alam semesta untuk menyelenggarakan acara.

Kemudian ada tarian Mappasili yang dimaknai sebagai pensucian diri. Serta tarian pepe pepe yang menjadi simbol pembakar semangat anak muda. Arifin mengungkapkan, sekitar 10 ribu orang akan ikut ambil bagian dalam kick off Gala Desa, besok. "Di sini ada 10 kecamatan. Masing-masing kecamatan akan mengirimkan 1.000 lebih warganya," pungkasnya.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0991 seconds (0.1#10.140)