Tiru Jerman, Dispora Jabar Ingin Bangun Sport Park

Sabtu, 27 Mei 2017 - 05:00 WIB
Tiru Jerman, Dispora Jabar Ingin Bangun Sport Park
Tiru Jerman, Dispora Jabar Ingin Bangun Sport Park
A A A
BANDUNG - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat berniat membangun sport park atau taman olahraga. Ide itu muncul setelah melakukan kunjungan ke Jerman pada 17-24 Mei 2017.

Kepala Dispora Jawa Barat, Yudha Munajat Saputra mengatakan sport park di Jerman telah membuatnya kagum lantaran bisa mengolahragakan masyarakat. Terlebih taman tersebut ditempatkan di setiap Kota.

"Di Jerman setiap taman itu memiliki lahan 10.000 meter persegi. Seluruh cabor ada disitu dengan tiga aspek. Pertama lokomotor (berlari, melompat), lalu non lokomotor (menarik, mendorong) dan ketiga manipulatif (bermain)," ujar Yudha di Sekretariat Dispora Jabar.

Yudha menambahkan sport park itu bisa digunakan seluruh masyarakat mulai anak-anak, dewasa hingga lansia. Juga bagi yang berkebutuhan khusus. Dan, rencananya proyek ini akan dimulai pada 2019. Ini sesuai program Jabar di 2020 yakni 'Menuju Jabar Sehat'.

"Kami sudah mempunyai bidang yakni pembudayaan olahraga. Saya akan minta mereka untuk menyusun program membangun sport park di setiap kabupaten/kota. Nanti idealnya seperti apa, kita akan kaji," kata Yudha.

Yudha berharap program tersebut dapat terlaksana. "Jadi intinya kami ingin membuat masyarakat bergerak. Disana (Jerman) rumah sakit jarang. Tapi, tempat olahraga banyak. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati," tegasnya.

Selain sport park, Yudha dkk juga mempelajari struktur organisasi keolahragaan Jerman yang tidak menggunakan asosiasi seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) atau Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Tidak ada pula Pengprov atau Pengcab. "Semua atlet ditangani klub. Ketika ada multievent, diambil dari klub," tutupnya.

Tidak hanya itu, di Jerman juga tidak banyak multievent yang digelar seperti halnya Popda, Popwilda atau PON. Disana hanya memperbanyak single event sedangkan multieventnya hanya Olimpiade.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6250 seconds (0.1#10.140)