Ditinggal Espargaro, Yamaha Bawa Mantan Jagoan Honda di Suzuka 8 Hours

Senin, 29 Mei 2017 - 00:01 WIB
Ditinggal Espargaro, Yamaha Bawa Mantan Jagoan Honda di Suzuka 8 Hours
Ditinggal Espargaro, Yamaha Bawa Mantan Jagoan Honda di Suzuka 8 Hours
A A A
SUZUKA - Setelah sukses jadi juara pertama pada edisi 2015-2016. Tim Yamaha Factory Racing bertekad mempertahankan gelar di ajang balap ketahanan motor bergengsi dunia, Suzuka 8 Hours.

Tapi pada Suzuka 8 Hours 2017, tim Yamaha Factory Racing tidak lagi diperkuat Pol Espargaro yang di MotoGP musim ini hijrah ke tim KTM. Namun dua pembalap lain dari edisi musim lalu, yakni Alex Lowes dan Katsuyuki Nakasuga, masih akan memperkuat line-up tim garputala.
Alex Lowes (kiri) dan Michael van der Mark dalam sesi peluncuran tim Yamaha WSBK 2017 di sirkuit Jerez. (Foto-Yamaha)
Ya, Michael ‘Micky’ van der Mark akan menjadi rekan setim baru Alex Lowes dan Katsuyuki Nakasuga di Yamaha Factory Racing Team. Ketiganya akan tampil pada ajang balap ketahanan motor bergengsi Suzuka 8 Hours 2017.

Van der Mark, yang bergabung ke skuat Yamaha WSBK usai pindah dari Honda pada awal musim ini, ditunjuk sebagai pengganti Pol Espargaro. Bersama dengan Nakasuga dan Lowes, yang notabene merupakan rekan setimnya di tim Yamaha WSBK 2017, Van der Mark akan mengendarai YZF-R1 bernomor motor #21.
Alex Lowes-Katsuyuki Nakasuga-Pol Espargaro (Yamaha) di podium juara pertama Suzuka 8 Hours 2016. (Foto-Yamaha)
Pada dua musim terakhir, Yamaha sukses menjuarai Suzuka 8 Hours, lewat performa apik Espargaro, Bradley Smith dan Nakasuga. Kini dengan line-up yang hampir sama, ditambah Van der Mark, pabrikan Jepang itu jelas berambisi mempertahankan gelar juara.

Bagi Van der Mark sendiri, musim 2017 akan menjadi penampilan yang ketiga di ajang Suzuka 8 Hours. Pada 2013 dan 2014, ia sukses mempersembahkan kemenangan untuk pabrikan Honda.

Dua musim berikutnya, pembalap World Superbike itu kembali dipanggil untuk memperkuat Honda. Pada 2015, ia berpasangan dengan dua kali juara dunia MotoGP, Casey Stoner. Dan pada 2016, ia menjadi rekan setim mendiang Nicky Hayden.

“Saya sangat menantikan balapan di Suzuka 8 Hours lagi. Saya telah balapan di sana selama empat tahun dan dua kali menang. Jadi, ini akan menjadi event yang benar-benar istimewa bagi saya untuk kembali dan melakukannya dengan Yamaha,” ujar van der Mark seperti dilaporkan Motorsport.

“Kami punya tim yang sangat kuat. Saya akan memberikan segalanya untuk mencoba dan memenangi balapan lagi. Saya ingin memberikan (kemenangan) istimewa untuk Yamaha dan semua fans,” imbuh pembalap 24 tahun asal Belanda itu.

Adapun, selain mengumumkan line-up pembalap pabrikan, Yamaha juga menurunkan motor kedua di Suzuka 8 Hours. Broc Parkes, Marvin Fritz dan Kohta Nozane akan memperkuat #7 YART.

Ketiga pembalap tersebut berhasil finis kedua di Le Mans 24 Hours dan ketiga di Oschersleben 8 Hours. Saat ini mereka menempati peringkat keempat dalam klasemen sementara Endurance World Championship (EWC). Suzuka 8 Hours akan digelar di sirkuit Suzuka, Jepang pada 28-30 Juli 2017.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6499 seconds (0.1#10.140)