Tambah Medali Kejuaraan Dunia, Inilah Perenang Wanita Terbaik Sepanjang Sejarah

Rabu, 26 Juli 2017 - 16:26 WIB
Tambah Medali Kejuaraan Dunia, Inilah Perenang Wanita Terbaik Sepanjang Sejarah
Tambah Medali Kejuaraan Dunia, Inilah Perenang Wanita Terbaik Sepanjang Sejarah
A A A
BUDAPEST - Kejuaraan Dunia Akuatik tak lepas dari catatan rekor. Tak terkecuali pada edisi 2017 yang berlangsung di Danube Arena, Alfred Hajos National Swimming Stadium, Lake Balaton, Budapest, Hungaria, mulai 14 Juli.

Salah satu bintang yang bersinar pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2017 adalah Kathleen Genevieve “Katie” Ledecky. Saat usianya baru 20 tahun, perenang bertinggi badan 180 cm tersebut mencatat sebuah histori di kategori wanita.

Seperti dilaporkan berbagai media massa dunia. Katie Ledecky baru saja mencetak sejarah, dengan menjadi wanita pertama yang meraih 12 medali emas kejuaraan dunia renang.
Katie Ledecky (AS) di podium juara nomor 1500m gaya bebas putri pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2017 di Budapest Hungaria. (Foto-cloudfront.net)
Raihan itu ia catat ketika empat kali menciptakan rekor dunia di Budapest, Selasa (25/7/2017) waktu setempat. Ledecky tak tertandingi pada nomor 1.500 gaya bebas putri ketika dia memenangkan final nomor ini dengan catatan waktu mengejutkan, sampai berselisih 19,07 detik dari pesaing utamanya dari Spanyol, Mireia Belmonte.

"Katie Ledecky berasal dari planet lain, oleh karena itu target saya adalah memenangkan medali perak. Bagi saya ini sudah emas," kata Belmonte kepada The Guardian.
Katie Ledecky (AS) saat terjun di nomor 400m gaya bebas putri pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2017 di Budapest Hungaria. (Foto-lexpress.fr)
Ledecky (20) kini menjadi wanita yang paling banyak dianugerahi medali emas pada sejarah kejuaraan renang dunia, melewati rekan senegaranya Missy Franklin yang 11 kali menjadi juara dunia.

“Ini adalah usaha keras dari 364 hari lainnya sepanjang tahun,” beber Ledecky sambil menghela napas seperti ditulis Los Angeles Times. “Ini seperti memasukan pekerjaan dalam latihan. Jadi ketika saya tiba pada hari ini, saya hanya bisa melakukannya. Ini adalah rutinitas,” katanya wanita peraih 1 medali emas Olimpiade 2012 dan 4 medali emas Olimpiade 2016 tersebut.

Sementara itu dari nomor lain, perenang Inggris Adam Peaty dua kali menciptakan rekor dunia pada nomor 50m gaya dada putra untuk masuk final nomor ini. Perenang Kanada Kylie Masse memecahkan rekor dunia 100m gaya dada putra.

Dan melengkapi hujan rekor dunia di kolam renang pada kejuaraan dunia renang 2017 di Budapest, adalah sukses Lilly King dari AS dalam memecahkan rekor dunia pada nomor 100m gaya dada putri untuk meraih emas.

"Sungguh tidak dalam jangkauan radar saya bisa berenang di bawah 26 detik," kata Peaty yang mencatat waktu 26,10 detik, lalu 25,95 detik pada semifinal. "Mari kira lihat apa yang terjadi pada final besok (Rabu waktu setempat)," imbuhnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2181 seconds (0.1#10.140)