Kylian Mbappe Masuk Nominasi Peraih Ballon d'Or

Senin, 31 Juli 2017 - 21:45 WIB
Kylian Mbappe Masuk Nominasi Peraih Ballon dOr
Kylian Mbappe Masuk Nominasi Peraih Ballon d'Or
A A A
PRANCIS - Penghargaan Ballon d'Or selama hampir sembilan tahun terakhir didominasi dua pemain klub raksasa La Liga Spanyol, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.
Kedua pemain tersebut berbagi gelar sebagai pemain terbaik dalam satu dekade terakhir ini. Messi sementara masih memimpin koleksi Ballon d'Or dengan lima piala, sedangkan Roanldo berada di bawahnya dengan empat piala.

Namun, perolehan piala Ballon d'Or Messi kemungkinan besar bakal disamakan Ronaldo yang tahun ini difavoritkan meraih penghargaan pemain terbaik tersebut. Media ternama Prancis, French Football baru-baru ini merilis lima nominasi peraih Ballon d'Or. Salah satu nama dari kelima nominasi itu merupakan pemain muda Prancis asal AS Monaco Kylian Mbappe. Berikut lima nominasi peraih Ballon d'Or.

1. Ronaldo

Performa Ronaldo dari tahun ke tahun terus menanjak. Musim lalu, megabintang Real Madrid itu mencetak gol penting dan membantu kelubnya meraih dua gelar prestisius, yakni La Liga dan Liga Champions.

Ronaldo menjadi pemain kunci Zinedine Zidane yang dua kali berturut-turut memenangkan Liga Champions. Bisa dibilang, musim 2016-017 merupakan musim terbaik Ronaldo. Selain mencetak 42 gol dalam 46 penampilan. Ronaldo saat ini menjadi favorit untuk memenangkan Ballon d'Or.

2. Lionel Messi

Secara individu, Lionel Messi mungkin memiliki musim yang cemerlang. Namun, pemain bintang Barcelona itu gagal membawa timnya meraih gelar juara Liga Champions atau La Liga.
Sepak bola tetap menjadi olahraga tim. Karena itu, kapten Argentina tahun ini bukan menjadi favorit untukmemenangkan penghargaan yang keenam kalinya.

Musim lalu, Messi yang dijuluki La Pulga mencetak 54 gol di semua kompetisi.

3. Gianluigi Buffon

Sepanjang sejarah Ballon d'Or, baru satu kali pemain di posisi kiper meraih penghargaan tersebut. Adalah Levi Yashin, kiper Rusia ini dionabtkan sebagai pesepak bola terbaik pada 1963. Sejak saat itu, hanya segelintir kiper yang masuk nominasi Ballon d'Or, yaitu Oliver Kahn, Gianluigi Buffon dan Manuel Neuer.

Kans Buffon untuk menyabet gelar Ballon d'Or memang tipis karena dia tidak berhasil membawa Juventus meraih juara Liga Champions setelah dibantai Real Madrid 4-1.

4. Neymar

Dalam beberapa pekan terakhir, masa depan Neymar telah menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Neymar diyakini akan berlabuh ke PSG dengan nilai transfer sebesar Rp3,4 triliun.

Lepas dari rumor kepindahan tersebut, Neymar yang masuk nominasi keempat rasanya sulit menyandang titel sebagai pemain terbaik dunia. Penyebabnya, bersama klubnya Barcelona, Neymar kurang beruntung musim ini karena gagal meraih juara La Liga.

5. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menarik perhatian sejumlah klub besar karena performanya yang ciamik sepanjang musim lalu. Selain membantu klubnya AS Monaco merebut titel juara Ligue 1, Mbappe juga sukses mengantarkan Monaco masuk babak semifinal Liga Champions.

Pemain berusia 18 tahun ini, tanpa diragukan lagi, merupakan properti terpanas di dunia sepak bola. Namun, terlalu dini bagi Mbappe memenangkan penghargaan Ballon d'Or.
(kas)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)