UEFA Proses Insiden Kericuhan Laga Arsenal vs FC Koeln

Jum'at, 15 September 2017 - 21:11 WIB
UEFA Proses Insiden Kericuhan Laga Arsenal vs FC Koeln
UEFA Proses Insiden Kericuhan Laga Arsenal vs FC Koeln
A A A
LONDON - Federasi Sepak Bola Eropa, UEFA akan memproses lebih lanjut kerusuhan yang terjadi pada laga pembuka Liga Europa antara Arsenal dan FC Koeln di Emirates Stadium, Jumat (15/9/2017) dini hari. Komisi Etik dan Disiplin UEFA akan mulai memprosesnya, Kamis (21/9/2017) pekan depan.

Kick-off pertandingan terpaksa diundur selama satu jam, dari pukul 02.05 menjadi 03.05 WIB karena terjadi kericuhan. Banyak suporter FC Koeln datang ke Emirates Stadium tanpa tiket. Dan sebagian lainnya membeli tiket untuk area yang ditempati pendukung Arsenal.

Arsenal yang menang 3-1 atas FC Koeln menghadapi satu tuduhan pelanggaran peraturan keselamatan dan keamanan. Namun The Gunners menyatakan telah bekerja sama dengan Polisi Metropolitan dan UEFA dalam menangani insiden tersebut. "Mengikuti pertandingan semalam, kami ingin menekankan bahwa keselamatan penggemar selalu menjadi perhatian utama kami dan memberi tahu semua keputusan yang dibuat," kata Arsenal dalam sebuah pernyataan resminya seperti dilansir Reuters, Jumat (15/9/2017).

Menurut Arsenal, 3.000 tiket yang dikeluarkan untuk penggemar FC Koeln telah sesuai dengan peraturan kompetisi. Namun ternyata suporter klub Jerman tersebut yang datang lebih dari ketentuan, menyebabkan kemacetan dan gangguan di luar stadion sebelum kick-off. "Banyak tiket terjual lewat calo dan ini sangat mengecewakan," kata Arsenal.

UEFA sendiri telah menyatakan FC Koeln didakwa dengan gangguan kerumunan, menyalakan kembang api, melempar benda-benda, dan tindakan merusak stadion. Sementara Arsenal didakwa atas pemblokiran sebuah tangga di ujung stadion.

Arsenal membantah klaim bahwa beberapa penggemar FC Koeln telah mendapatkan tiket dengan bergabung dalam skema keanggotaan Arsenal. "Tidak ada keanggotaan Arsenal yang dibeli setelah undian bisa digunakan untuk mendapatkan tiket untuk pertandingan ini. Kami juga bekerja sama dengan rekan kami di Cologne untuk menghentikan para pendukungnya bepergian tanpa tiket pertandingan."

Klub Bundesliga Jerman, FC Koeln bermain di Liga Europa untuk pertama kali sejak 25 tahun lalu. Diperkirakan sebanyak 20.000 suporter FC Koeln memenuhi jalanan London. Polisi mengatakan lima orang telah ditangkap karena dicurigai melakukan pelanggaran ketertiban umum. Tiga polisi terluka meski tidak serius.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6098 seconds (0.1#10.140)
pixels