Jersey Timnas Spanyol Tuai Kontroversi

Rabu, 08 November 2017 - 20:30 WIB
Jersey Timnas Spanyol Tuai Kontroversi
Jersey Timnas Spanyol Tuai Kontroversi
A A A
MADRID - Jersey Timnas Spanyol yang baru diluncurkan untuk menyambut Piala Dunia 2018 menuai kontroversi. Corak warna kuning-ungu dengan dominasi warna merah dianggap mirip bendera Republik Spanyol.

Sejumlah pihak menyebut jersey Timans Spanyol yang baru merepresentasikan warna bendera Republik Spanyol di era 1930an. Hingga saat ini, bendera Republik Spanyol masih digunakan oleh kelompok yang menentang Kerajaan Spanyol.
Jersey Timnas Spanyol Tuai Kontroversi

Adidas yang meluncurkan jersey tersebut bahkan membuat pernyataan guna membantah tuduhan berbau politik. Maklum, isu politik di Spanyol memang semakin menghangat dengan adanya referendum kemerdekaan Catalunya.

"Desain saat ini mewakili keberanian dan kemarahan Tim Nasional kita. Dengan grafis berlian merah, kuning, dan biru yang mewakili kualitas terbaik tim, yakni; kecepatan, energi, dan gaya permainan yang terkenal," demikian kutipan pernyataan Adidas.

Tak hanya Adidas, pelatih Timnas Spanyol Julen Lopetegui bahkan ikut mengomentari spekulasi yang berkembang terkait jersey anyar timnya. Menurut Julen Lopetegui, khalayak tidak perlu membesar-besarkan permasalahan corak warna pada jersey tersebut.

"Spanyol memiliki masalah lain yang lebih penting daripada menafsirkan sebuah warna," kata Lopetegu
Jersey Timnas Spanyol Tuai Kontroversi
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3990 seconds (0.1#10.140)