Ratusan Atlet Tarung Derajat Perebutkan Piala Gubernur Jatim

Minggu, 19 November 2017 - 00:33 WIB
Ratusan Atlet Tarung Derajat Perebutkan Piala Gubernur Jatim
Ratusan Atlet Tarung Derajat Perebutkan Piala Gubernur Jatim
A A A
BATU - Ratusan atlet dari 20 kota dan kabupaten di Jawa Timur mulai bertarung memperebutkan gelar juara dan Piala Gubernur Jatim dalam kejuaraan tarung derajat tingkat provinsi di Kota Batu, yang resmi dibuka dan dimulai Sabtu (18/11).

Kejuaraan ini berlangsung di GOR Gajah Mada di kota wisata Batu mulai Sabtu hingga final, Minggu (19/11).

Mempertandingkan 17 kelas tarung dan 3 kelas seni gerak, kejuaraan ini memperebutkan 100 medali. Tercatat sebanyak 180 atlet dari 20 kota dan kabupaten se-Jawa Timur ikut berpartisipasi.

Kota Batu dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Gubernur ini, karena tarung derajat Kota Batu merupakan juara umum dalam kejuaraan provinsi Jawa Timur tahun 2016.

Dalam kejuaraan ini, para atlet yang bertarung adalah kelompok usia di bawah 21 tahun. Tujuannya untuk menjaring atlet-atlet muda potensial yang akan disiapkan untuk PON 2018.

Kejuaraan ini dibuka pada Sabtu pagi secara simbolis oleh Walikota Batu, Punjul Santosos setelah sebelumnya dilakukan upacara pembukaan. Menariknya lagi, usai pembukaan, pendiri tarung derajat, Achmad Dradjat memberikan contoh-contoh jurus kepada para atlet.

Kejuaraan ini dan antusias peserta dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur adalah bentuk kegairahan olahraga beladiri asli dari Indonesia, yang baru diakui sejak 1990. Belum lama kiprahnya, olahraga ini kini sudah diakui dunia, bahkan menjadi beladiri dasar bagi TNI dan Polri.

"Selain mencetak atlet-atlet potensial dengan kejuaraan kelompok umur pelajar dan mahasiswa ini, diharapkan filosofi beladiri tarung derajat akan memberikan nilai-nilai positif bagi atlet," harap Achmad Dradjat.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3293 seconds (0.1#10.140)