Langkah Maju dan Patut Ditiru; Bangun Sepak Bola Modern, Malaysia Minta Bantuan La Liga Spanyol

Sabtu, 20 Januari 2018 - 12:54 WIB
Langkah Maju dan Patut...
Langkah Maju dan Patut Ditiru; Bangun Sepak Bola Modern, Malaysia Minta Bantuan La Liga Spanyol
A A A
MADRID - Langkah maju diambil Malaysia dalam membangun sepak bola dalam negeri. Otoritas sepak bola Malaysia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan La Liga Spanyol, Jumat (19/1/2018), dalam upaya meningkatkan kualitas sepak bola negeri jiran tersebut.

Malaysia diwakili Football Malaysia Limited Liability Partnership (FMLLP) -perusahaan yang mengoperasikan dan menjalankan entitas sepak bola utama Malaysia. Kerja sama selama tiga tahun tersebut ditandatangani Ketua FMLLP Tunku Ismail Sultan Ibrahim, yang juga Presiden Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), dan Direktur Pembangunan Internasional La Liga Oscar Mayo Pardo.

La Liga akan mengawal, mengontrol, serta mendukung, pengembangan jangka panjang FMLLP dengan berbagi pengalaman di bidang keuangan, teknologi, dan kepemimpinan yang bersih dan baik.

Media Spanyol, AS, melaporkan kesepakatan tersebut akan membentuk sebuah program pengendalian keuangan untuk membersihkan keuangan klub, serta untuk menjamin transparansi ekonomi dalam sepak bola Malaysia. La Liga juga akan memberi tahu FMLLP tentang penerapan alat yang dikembangkan di Spanyol untuk mengoptimalkan kompetisi sepak bola, seperti La Liga Manager, Referee Selector, dan Kit Selector.

Melalui kesepakatan itu juga diharapkan tim La Liga bisa memainkan pertandingan pramusim mereka melawan tim-tim Malaysia.

"Kami senang bisa bekerja sama dengan FMLLP karena mereka ingin melanjutkan pengembangan sepak bola di Malaysia. Pengalaman La Liga dalam industri sepak bola akan sangat penting dalam rencana pengembangan FMLLP dalam 50 tahun ke depan," kata presiden La Liga Javier Tebas.

"Melalui kemitraan ini, La Liga akan mendapatkan keuntungan dari keahlian FMLLP di pasar lokal, sehingga membantu mencapai tujuan masing-masing. Kesepakatan ini merupakan win-win bagi penggemar sepak bola di Malaysia, dan kami berharap dapat lebih dekat dari sebelumnya ke negara ini."

"Malaysia akan terus menjadi pasar penting La Liga. Kami berharap langkah ini lebih lanjut menyoroti dedikasi kami dalam mendukung sepak bola di negara Malaysia."

Sementara Tunku Ismail yakin kemitraan dengan La Liga akan membantu sepak bola Malaysia lebih baik. "Ini adalah rencana pengembangan sepak bola jangka panjang dan saya yakin kemitraan ini akan membantu kesuksesan sepak bola Malaysia di masa depan," katanya.

"Kedua belah pihak akan berbagi informasi dan pengalaman serta menyelenggarakan seminar tentang liga profesional dan manajemen klub, terutama di bidang pemasaran juga menjadi agenda dalam kesepakatan ini."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)