Samuel Umtiti, Starter Barca dengan Nilai Klausul Pembelian Terendah

Selasa, 27 Maret 2018 - 21:24 WIB
Samuel Umtiti, Starter Barca dengan Nilai Klausul Pembelian Terendah
Samuel Umtiti, Starter Barca dengan Nilai Klausul Pembelian Terendah
A A A
BARCELONA - Barcelona telah meningkatkan sejumlah klausul pelepasan (buy out clause) dalam kontrak pemain mereka, terutama di starter reguler skuat Ernesto Valverde. Di antara 11 pemain inti, bek tengah asal Prancis Samuel Umtiti menjadi pemain dengan buy out clause paling rendah.

Baru-baru ini Barcelona sudah memperbarui klausul pelepasan Sergi Roberto dan Gerard Pique, yang meningkat menjadi 500 juta euro (Rp8,5 triliun) dalam upaya menghindari skenario pembelian Neymar oleh Paris Saint-Germain terulang.

Namun, Umtiti belum menandatangani kontrak baru dan klausul pembebasannya hanya senilai 60 juta euro (Rp1 triliun). Sejauh ini, Manchester United disebut-sebut tengah memburu mantan pemain Olympique Lyon tersebut.

Umtiti merupakan satu-satunya kekhawatiran Barcelona saat ini. Karena usianya dan potensinya, jelas United mau membayar lebih untuknya. Apalagi klub Liga Primer Inggris royal dalam membeli bek tengah, seperti Manchester City yang memboyong Aymeric Laporte senilai 65 juta euro dan Liverpool (Van Dijk, 79 juta euro).

Di skuat Barcelona, Lionel Messi merupakan pemain dengan buy out clause tertinggi, yakni 700 juta euro (Rp11,9 triliun). Rekrutan anyar Philippe Coutinho (dikontrak hingga 2023) dan Ousmane Dembele (hingga 2022) menandatangani kesepakatan dengan klausul pada kisaran 400 juta euro (Rp6,6 triliun).

Sergio Busquets dan Luis Suarez senilai 200 juta euro atau Rp3,4 triliun, Ter Stegen (180 juta euro setara Rp3 triliun), Jordi Alba (150 juta euro/Rp2,5 triliun), dan Ivan Rakitic (125 juta/Rp2,1 triliun).

Sementara kasus Andres Iniesta berbeda. Kapten klub mencapai kesepakatan dengan klub tahun lalu yang memungkinkan dia untuk memutuskan sebelum akhir April apakah dia akan meninggalkan klub atau bertahan.

Buy out clause memang menjadi senjata klub untuk menahan pemain. Real Madrid sudah memulai kebijakan ini dengan menegosiasikan klausul pembelian besar dalam kesepakatan pemain mereka. Gareth Bale, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo semuanya memiliki klausul 1000 juta euro (Rp17 triliun), Isco 700 juta euro (Rp11,9 triliun), Luka Modric, Toni Kroos, dan Ceballos masing-masing 500 juta euro (Rp8,5 triliun)
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7611 seconds (0.1#10.140)