48 Tim Meriahkan The 2nd Jakarta Dragon Boat Festival 2018

Sabtu, 05 Mei 2018 - 17:14 WIB
48 Tim Meriahkan The 2nd Jakarta Dragon Boat Festival 2018
48 Tim Meriahkan The 2nd Jakarta Dragon Boat Festival 2018
A A A
JAKARTA - Sebanyak 48 tim dengan lebih dari 800 pedayung memperebutkan 18 trofi, 340 medali serta hadiah berupa uang sebesar Rp107.500.000 meriahkan acara The 2nd Jakarta Dragon Boat Festival 2018 di Waterfront, Baywalk Mall, Jakarta. Acara yang didukung oleh PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) dan PODSI DKI ini berlangsung selama dua hari, 5-6 Mei.

Dragon Boat merupakan olahraga yang unik, menghibur, dan memiliki interaksi multi kultural yang saat ini masih terus mendapatkan popularitas dari pihak lokal dan komunitas ekspatriat di Jakarta. Ini melanjutkan kesuksesan Festival Jakarta Dragon Boat pertama di tahun lalu.

Mengikuti kesuksesan Festival tahun lalu, event ini akan menyatukan orang-orang dari segala aspek kehidupan – perusahaan, pelajar, ekspatriat dan masyarakat umum – selama 2 hari yang penuh kesenangan dan perlombaan kompetitif. Pada tahun ini tim dari Filipina akan mengikuti event.

Panjang jalur lomba adalah 250 meter dan akan mempertandingkan pria dan wanita, pelajar, masyarakat dan kategori terbuka. Festival akan diadakan selama dua hari penuh yang akan diisi dengan kompetisi dan acara sosial dan akan ada tempat makan, toko oleh-oleh, dan stan sponsor.

Ellen Hidayat selaku CEO Baywalk Mall-Pluit mengatakan Baywalk Mall merupakan satu-satunya Mall di Jakarta yang memiliki area Waterfront yang tepat berada di bibir pantai Utara Jakarta. Sehingga dengan keunikan ini, Baywalk Mall – Pluit berupaya mengadakan event yang dapat menumbuhkan dan mempertebal kecintaan terhadap Laut Jakarta.

"Festival Jakarta Dragon Boat Kedua yang diadakan hari ini adalah salah satu event yang dilaksanakan oleh Baywalk Mall – Pluit guna meningkatan prestasi atlet dayung Indonesia dengan menyediakan sarana dan kesempatan berlomba menjelang Asian Games di bulan Agustus 2018. Selain itu, event ini bertujuan untuk memberikan hiburan dan tontonan menarik kepada pengunjung, Baywalk Mall – Pluit. Diharapkan dengan mengadakan lomba Dragon Boat di Mall seperti ini, masayarakat juga dapat mengenal lebih dekat tentang cabang olahraga ini," kata Ellen Hidayat.

Sementara itu, Kabid Prestasi PODSI, Qurrotul Ayin menuturkan kejuaraan ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Pihaknya berharap dengan adanya ajang ini dapat menelurkan atlet dragon boat yang mampu berbicara di tingkat nasional maupun internasional.

"Kejuaraan ini rutin kami laksanakan setiap tahun. Kami berharap ajang ini dapat melahirkan atlet dragon boat atau perahu naga tingkat nasional yang mampu berbicara di tingkat internasional," ujar Qurrotul Ayin.

Atlet dayung pelatnas, Dewi Yuliawati yang turun di nomor rowing single sculling dan Andri Sugiarto di nomor kayak racing dan dragon boat pada Asian Games 2018 mendatang mengaku bisa menjadi atlet profesional karena mengikuti lomba dan kejuaraan seperti ini.

"Awal mula saya ikut lomba dan kejuaraan di berbagai tempat. Ajang ini menjadi wadah dan kesempatan sebagai jalan menuju masuk atlet pelatnas," tutur Dewi dan Andri.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7632 seconds (0.1#10.140)
pixels